islampos
Media islam generasi baru

Israel Diam-diam Jual Gas Alam ke Yordania

Foto: i24news.tv
0

TEL AVIV – Israel diam-diam telah mengekspor gas alam ke Yordania melalui sebuah perusahaan perantara Amerika. Hal ini tetap dilakukan meskipun ada penolakan dari internal negara Arab itu untuk melakukan bisnis dengan Israel.

Gas dikirim ke dua perusahaan Yordania, Arab Potash dan Jordan Bromine, dimulai pada bulan Januari silam. Demikian surat kabar Israel Haaretz melaporkan hari Kamis lalu.

Kedua perusahaan energi Yordania tersebut telah menandatangani kesepakatan 500 juta dolar selama 15 tahun tiga tahun lalu untuk membeli gas dari perusahaan Israel Tamar. Departemen Luar Negeri AS bertindak sebagai mediator untuk kesepakatan itu.

Tapi, secara resmi, gas tersebut tidak langsung dijual ke perusahaan Yordania. Tamar, yang meliputi perusahaan Texas Noble Energy dan Delek Grup Israel dan Isramco, menggunakan perusahaan perantara Amerika NBL Eastern Mediterranean Marketing Ltd untuk tidak langsung menjual gas ke Yordania. Sementara di sisi lain, pipa Yordania telah secara langsung terhubung ke jaringan Israel.

Perusahaan Yordania diyakini membayar 5,50 dolar per juta British thermal unit gas.[fq/islampos]

loading...
loading...