Israel Bebaskan jurnalis Palestina Setelah 10 Bulan Ditahan Tanpa Dakwaan

Foto: Samidoun: Palestinian Prisoner Solidarity Network
0

TEL AVIV – Omar Nazzal, wartawan senior Palestina telah dibebaskan dari sebuah penjara Israel, setelah dipenjara selama 10 bulan tanpa dakwaan apapun.

Omar, anggota sekretariat umum Sindikat Wartawan Palestina, dibebaskan pada hari Senin lalu setelah mengalami 13 persidangan di pengadilan militer Israel tanpa dakwaan tertentu. Dia mengatakan pengadilan hanya menggunakan “tuduhan umum” bahwa ia mengancam keamanan regional.

“Ketika pengacara saya meminta rincian, dia hanya menerima penolakan dari para hakim dan jaksa militer,” kata Nazzal seperti dikutup dari Press TV.

Nazzal ditangkap pada tanggal 23 April lalu di bawah undang-undang penahanan administratif yang kontroversial di perbatasan antara Tepi Barat yang diduduki Israel dan Yordania.

Tel Aviv sendiri menuduh Nazzal menjadi anggota dari Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP), partai kiri Palestina yang dilarang oleh Israel.

Menurut Sindikat Jurnalis Palestina, Israel telah memenjarakan sekitar 20 wartawan atau mahasiswa jurnalistik, salah satunya selama lebih dari 20 tahun. [fq/islampos]

loading...
loading...