ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Israel Acuhkan Imbauan PBB soal Penghentian Pembangunan Pemukiman Ilegal

Foto: PIC
0

ISRAEL—Delegasi PBB untuk Wilayah Timur Tengah Nickolay Mladenov, mengatakan bahwa Israel telah gagal menghentikan pembangunan pemukiman ilegal dan mematuhi Resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Israel belum menghentikan pembangunan pemukiman ilegal di wilayah Palestina seperti yang diminta oleh Dewan Keamanan PBB,” kata Nickolay, lansir Alzajeera, Sabtu (25/03/2017).

Dalam laporan pertamanya ke dewan keamanan PBB, Israel telah melanggar hukum internasional mengenai perluasan permukiman ilegal Israel.

Resolusi dewan keamanan PBB menyerukan agar Israel  mengambil langkah menghentikan semua aktivitas pembangunan permukiman ilegal di wilayah Palestina termasuk Jerusalem timur.”Namun tidak ada langkah untuk menghentikan aktivitas pembangunan yang dilakukan oleh Israel selama periode pelaporan,” ujar Nickolay.

Sementara itu Utusan PBB untuk Palestina Riyad Mansour mengatakan bahwa pemukiman illegal perlu dihentikan.

“Itu bukan hanya karena mereka ilegal, tetapi karena pemukiman ilegal tersebut menjadi permasalahan utama dalam menggagas solusi dua-negara,” kata Riyad.

Tahun lalu, Israel membangun 2.630 pemukiman ilegal di Tepi Barat. Pembangunan itu meningkat menjadi 40 persen jika dibandingkan dengan tahun 2015. []

 

Pewarta: Ari Cahya.

loading...
loading...