ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dibuka Ketua MUI, Islamic Book Fair Jakarta Siap Manjakan Pengunjung

0

JAKARTA-–Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 siap dibuka. Pameran buku Pameran buku Islam terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara itu akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, 3-7 Mei 2017.

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun siap dibuka. Saat ini stan-stan sudah dibangun, dan Selasa (2/5/2017) stan-stan itu diisi buku-buku pilihan dan berkualitas. Insya Allah IBF ke-16 tahun 2017 akan dibuka oleh KH Ma’ruf Amin pada hari Rabu, 3 Mei 2017, pukul 10.00 pagi,” kata Ketua Panitia IBF 2017 M Anis Baswedan, dilansir Republika, Senin (1/5/2017).

Anis menambahkan, secara keseluruhan IBF 2017 terdiri dari 329 stan. “Ada 158 penerbit yang menjadi peserta IBF 2017. Mereka menempati 230 stan. Sisa stan diisi oleh non-penerbit,” ujar Anis.

Anis menegaskan, IBF 2017 merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh buku-buku Islam berkualitas dengan harga terjangkau. Para penerbit memberikan diskon besar, bahkan ada yang mencapai 70 persen.

Demikian pula, para peserta non-penerbit menjual berbagai produk, khususnya pakaian, dengan harga yang bersaing. “Ini merupakan kesempatan yang berharga bagi masyarakat, khususnya menyambut bulan Ramadhan yang tiga minggu lagi tiba,” tutur Anis.

Ia mengemukakan, IBF 2017 untuk pertama kali diadakan di Jakarta Convention Center (JCC). Sebelumnya, IBF ke-1 sampai ke-15 selalu digelar di Istora Senayan Jakarta. Sebuah venue yang dinilai lebih representatif dan nyaman bagi peserta maupun pengunjung.

“Dengan perpindahan tempat pameran ke JCC, kami berupaya maksimal memberikan yang terbaik bagi peserta, pengunjung dan seluruh stakeholder kegiatan IBF 2017,” tutur Anis.

Panitia penyelenggara IBF menyiapkan sekitar 52 acara di panggung utama dan panggung Kidszone. Begitu pula dengan para pengisi acara, akan hadir para ulama, ustaz, pejabat pemerintah, selebritas, band papan atas, kalangan akademisi, dan lain-lainnya.

Sedangkan acaranya mulai dari peluncuran (launching) buku, bedah buku, talk show atau seminar, lomba nasyid, festival hafiz Al-Qur’an, jumpa penulis (meet and greet), book signing (penandatanganan buku), dan wahana bermain anak (Kidszone).

BACA JUGA:
Puluhan Penulis Buku Best Seller Siap Meriahkan IBF 2017
5 Tahun Absen, Pameran Buku Yerusalem Kembali Digelar
Kemenag Cetak Buku Ilmu Falak Karya Ulama Aceh

Anis menambahkan, para tokoh yang akan hadir di IBF 2017 itu antara lain Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Ustaz Yusuf Mansur, Ustaz Bachtiar Nasir, Habiburrahman El Shirazy, Tere Liye, Wali Band, dan lain-lain.

Insya Allah juga ada Peggy Melati Sukma, Fedi Nuril, Sutradara Ayat-Ayat Cinta 2, dan beberapa tokoh terkemuka di Indonesia yang siap memeriahkan acara tersebut.

“Pendek kata, kami ingin memanjakan pengunjung melalui berbagai stan penerbit dan non-penerbit, wahana Kidzone maupun berbagai mata acara yang digelar selama IBF 2017 berlangsung,” papar Ani Baswedan.

Koordinator Acara IBF Ummu Masmu’ah menjelaskan, pihaknya menyediakan dua panggung pada acara IBF 2017 nanti, yakni panggung utama dan panggung Kidszone. Dari lima hari penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF), panitia menyediakan sedikitnya 50 agenda acara.

“Untuk IBF 2017 ini, panitia juga menyediakan beragam sarana dan wahana yang dibutuhkan keluarga Muslim, terutama untuk memfasilitasi anak-anak, yakni Kidszone,” ujarnya.

Sementara itu, menyambut dan memeriahkan Islamic Book Fair 2017 ini, sejumlah penerbit juga mempersiapkan ribuan judul buku, baik yang lama mau yang baru dan akan diluncurkan di panggung IBF.

General Manager Republika Penerbit Awod Said menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan sekitar ratusan judul buku di pameran buku-buku Islam tersebut. Mulai dari buku-buku bertema agama, novel, buku umum, juga buku-buku anak.

“Kita akan menyiapkan sekitar 330 judul buku, dan 30 judul di antaranya adalah buku baru,” Pungkasnya. []

Sumber:Republika

loading...
loading...