Islam Berarti Menyerah, Apa Maksudnya?

Foto: PJ Media
0 189

ANDA beragama Islam, bukan? Lantas, apa yang Anda ketahui tentang Islam? Mungkin, hanya sedikit di antara kita yang tahu arti Islam itu sendiri. Baik secara bahasa atau pun istilah.

Nah, perlu kita ketahui, Islam dari segi bahasanya berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti menyerah. Apa maksudnya ya?

Dilansir dalam duniaislam.org, hal ini menunjukkan bahwa seorang pemeluk Islam merupakan seseorang yang secara ikhlas menyerahkan jiwa dan raganya hanya kepada Allah SWT. Penyerahan diri seperti ini ditandai dengan pelaksanaan terhadap apa yang Allah perintahkan serta menjauhi segala larangan-Nya.

Menunjukkan makna penyerahan ini, Allah berfirman dalam al-Qur’an Surat An-Nisa’: 125), “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.”

Sebagai seorang muslim, sesungguhnya kita diminta Allah untuk menyerahkan seluruh jiwa dan raga kita hanya kepada-Nya. Dalam sebuah ayat Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam’,” (QS. Al-An’am: 162).

Karena sesungguhnya jika kita renungkan, bahwa seluruh makhluk Allah baik yang ada di bumi maupun di langit, mereka semua memasrahkan dirinya kepada Allah SWT, dengan mengikuti sunnatullah-Nya. Allah berfirman, “Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan,” (Ali Imran: 83).

Oleh karena itulah, sebagai seorang muslim, hendaknya kita menyerahkan diri kita kepada aturan Islam dan juga kepada kehendak Allah SWT. Karena insyaAllah dengan demikian akan menjadikan hati kita tentram, damai dan tenang. []

loading...
loading...