ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Iran Ancam Perkaya Uranium untuk Program Nuklirnya

0

Advertisements

IRAN–Seorang pejabat senior bidang energi nuklir Iran mengatakan Teheran siap untuk memperkaya uranium melampaui tingkat sebelumnya. Langkah ini akan dilakukan jika pihak-pihak yang tersisa dalam perjanjian nuklir negara 2015 gagal menyelamatkannya.

Organisasi Energi Atom dari juru bicara Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi mengatakan kepada kantor berita IRIB pada Rabu (5/9/2018) bahwa Iran “akan mencapai tingkat yang lebih maju” dalam pengayaan uranium jika pihak lain meninggalkan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

BACA JUGA: Uni Eropa Siapkan Bantuan 18 Juta Euro bagi Iran

Dia juga mencatat bahwa kegiatan nuklir Iran terus bergerak maju dengan cepat.

Related Posts
1 of 4

Kembali pada Juni 2018, AEOI diperintahkan oleh Ali Khamenei untuk segera membuat persiapan untuk pengayaan uranium hingga tingkat 190.000 SWU “untuk saat ini dalam kerangka JCPOA.”

BACA JUGA: Iran Resmi Gugat AS ke Mahkamah Internasional

Dalam pidatonya pada 4 Juni 2018, Khemenei mengecam pemerintah Eropa karena mengharapkan negara Iran untuk mentolerir sanksi dan menghentikan kegiatan nuklirnya. Ia mengatakan bahwa Iran tidak dapat tetap berada di “tahanan nuklir” ketika sanksi masih berlaku.

Sebagai bagian dari persiapan tersebut, AEOI meluncurkan pabrik produksi UF6 pada akhir Juni dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas pengayaan uranium Iran. []

SUMBER: PRESSTV

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline