ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inspiratif, Inilah Hafiz Quran Terkenal dari Berbagai Negara di Dunia

0

Advertisements

SELAIN membaca dan memahami isi serta mengamalkannya, ada satu lagi kewajiban muslim terhadap Alquran, yaitu menghafalkannya. Hafal 30 juz alquran di luar kepala itu bukan lah hal yang mustahil. Para sahabat sudah membuktinya.

Di masa kini, banyak ulama dan para tokoh kenamaan yang bergelar hafiz quran. Bukan hanya orang dewasa, anak kecil pun bahkan bisa menghafalkannya, bahkan hingga bergelar hafiz. Tak jarang gelar ini mampu mengharumkan nama mereka hingga dikenal luas di masyarakat bahkan di seluruh dunia.

Siapa saja mereka? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa hafiz quran yang menginspirasi dan dikenal dunia.

01 of 8 Musa dari Indonesia

Musa dari Indonesia
Foto: JPNN

Musa yang lahir pada 26 Juli 2008 di Bangka Barat merupakan seorang hafiz dari Indonesia. Selain menghafal Alquran ia juga menghafalkan matan-matan hadis penting, seperti Arbain Nawawi dan lainnya. Namanya mulai dikenal oleh banyak orang baik di dalam negeri maupun di luar negeri setelah mengikuti dan meraih juara pertama pada program Hafiz Indonesia 2014 disebuah stasiun teevisi. Ia juga menjadi juara ke-3 dalam Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Sharm El-Sheikh, Mesir pada April 2016.

02 of 8 Khalid Abu Musa dari Palestina

Khalid Abu Musa dari Palestina
Foto: Yes Muslim

Khalid adalah pemuda fenomenal asal Palestina yang hafal Alquran sejak usia 10 tahun. Meski mengalami autisme, kecintaannya terhadap Alquran sangat besar. Ia juga bisa menghafal Alquran juga mempelajari isinya dalam waktu cukup singkat di usianya yang masih sangat belia.

03 of 8 Syarifudin Khalifah dari Tanzania

Syarifudin Khalifah dari Tanzania
Foto: Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Ponjong

Syarifudin merupakan hafiz asal Tanzania, Afrika Timur. Sejak kecil ia dikenal sebagai bocah ajaib. Bagaimana tidak, Syarifudin kecil yang berasal dari keluarga Katolik ini telah hafal 30 juz Alquran dan salat 5 waktu sejak usia 1,5 tahun. Tak hanya hafal Alquran, ia juga hafal isi kitab injil lengkap sejak masih belia.

04 of 8 Vera Varinak dari Ukraina

Vera Varinak dari Ukraina
Foto: YouTube

Wanita asal Ukraina ini menyatakan bahwa proses menghafal Alquran sudah dirintisnya sejak ia memutuskan memeluk Islam di usia 17 tahun. Awalnya Vera tidak menduga bisa  menghafal seluruh isi Alquran. Sebab selain masalah waktu, ia juga mengalami hambatan bahasa. Walau begitu ia menjadi hafiz paling fenomenal di dunia karena ketekunannya. Ia memulai dengan belajar bahasa Arab dan mencoba dalam memahami artinya satu persatu hingga ia berhasil menghafal seluruh isi Alquran dalam waktu 9 bulan.

05 of 8 Sayyid Muhammad Husein Tabataba’I dari  Iran

Sayyid Muhammad Husein Tabataba’I dari  Iran
Foto: Tebyan

Sayyid dikatakan sebagai bocah ajaib asal Iran. Ketika berusia 5 tahun, Sayyid telah menghafal 30 juz Alquran. Ia juga meraih gelar doktor honoris causa dengan bidang Science of Retonation of the Holy Quran College Islamic University, Inggris pada usia 7 tahun. Tak hanya hafal Alquran, Sayyid juga bisa menerjemahkan semua isi ayat pada Alquran dengan bahasa sehari-harinya yakni bahasa Persia.

06 of 8 Muadz dari Mesir

Muadz dari Mesir
Foto: You Tube

Muadz merupakan seorang anak tuna netra asal Mesir. Sejak usia 4 tahun, Muadz telah belajar membaca dan menghafal Alquran. Meski ia memiliki kekurangan fisik yakni kebutaan, Muadz tak pernah mengeluh dalam mempelajari dan menghafal Alquran. Muadz berhasil menjadi hafiz di usia 11 tahun.

07 of 8 Fatih Saferegic  dari Amerika Serikat

Fatih Saferegic  dari Amerika Serikat
Foto: bloggue

Fatih merupakan pemuda kelahiran 2 Maret 1995. Pemuda kelahiran Jerman yang tinggal di Amerika Serikat ini berhasil menjadi hafiz di usia belia yakni 12 tahun. Saat melantunkan ayat suci Alquran, suaranya begitu merdu dan menenangkan. Kemampuannya membaca alquran didukung arasnya yang tampan membuatnya memiliki banyak penggemar dari penjuru  dunia.

08 of 8 Sahar Nakayama dari Jepang

Sahar Nakayama dari Jepang
Sahar Nakayama (berjilbab putih). Foto: Tribun

Di usianya yang baru menginjak 13 tahun, gadis asli Jepang ini memiliki kebiasaan berbeda dengan remaja lain seumurannya yakni menghafal Alquran. Setiap hari, pagi hingga sore hari ia bersekolah dan pulang sekolah pukul 4 sore. Nakayama mengikuti kelas khusus menghafal Alquran. Di usianya yang masih muda, Nakayama sudah bisa menghafal 26 juz Alquran. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline