ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah Rahasia Kekayaan Nabi Sulaiman yang Bisa Kita Tiru

0

Advertisements

Ada seorang nabi yang termasyhur memiliki kekayaan melimpah. Dialah nabi Sulaiman alaihi salam. Allah bukan hanya memberkahinya dengan harta, melainkan juga dengan mujizat berupa kemampuan berbicara dengan jin dan binatang. Dengan kemampuan tersebut Beliau dapat memerintahkan jin untuk mengambil harta dari dalam bumi atau di dasar lautan sekalipun.

Kemuliaan Nabi Sulaiman tersebut berhasil memesona Ratu Saba hingga ia dan penduduk negeri yang dipimpinnya pun mengikuti ajaran Nabi Sulaiman untuk menyembah Allah SWT. Nabi Sulaiman pun terkenal sebagai Nabi yang sangat kaya raya.

Banyak orang yang mendambakan kesuksesan dan kekayaan seperti Nabi Sulaiman, sehingga banyak yang penasaran akan rahasianya. Allah membocorkan salah satu amalan yang dilakukan Nabi Sulaiman. Amalan tersebut berupa do’a yang tertuang dalam Qur’an surat Shad ayat 35:

Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”.

Selain do’a, Nabi Sulaiaman juga memiliki amalan lain. Dalam Qur’an surat Maryam ayat 19 dikisahkan tentang Nabi Sulaiman dan semut yang hampir terinjak oleh rombongannya.

Maka Dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) Perkataan semut itu. dan Dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.

Ayat ini menunjukkan bahwa selain do’a, Nabi Sulaiaman juga senantiasa menjaga akhlaknya. Beliau tidak pernah melupakan nikmat yang diberi Allah dengan selalu menyukurinya. Sebab, kekakyaan yang dimilikinya merupakan karunia dari Allah SWT. Maka, selain berdo’a dan berusaha, kunci untuk memperoleh kekayaan yang diajarkan Nabi Sulaiaman adalah bersyukur, dan mengerjakan amal sholeh. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline