islampos
Media islam generasi baru

Inilah Kalimat yang Diajarkan Nabi Ibrahim pada Malam Isra Miraj

Foto: Wallpapers
0

PERISTIWA Isra Miraj tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Selama ini kita tahu bahwa hikmah terbesar dari peristiwa Isra Miraj adalah shalat. Padahal ada hikmah lain selain shalat yang Rasulullah bawa dari peristiwa Isra Miraj, apakah itu? Berikut hadits mengenai kalimat yang diajarkan Nabi Ibrahim pada malam Isra Miraj.

Dari Abu Ayyub Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam Isra’, pernah melewati Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.

Nabi Ibrahim ketika itu bertanya pada malaikat Jibril, “Siapa yang bersamamu wahai Jibril?”

Ia menjawab, “Muhammad.”

Ibrahim pun mengatakan pada Muhammad, “Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan dzikir) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas.”

BACA JUGA:
Inilah 5 Hikmah dari Peristiwa Isra Miraj
Peringati Isra Miraj, Ribuan Jemaah Padati Masjid Istiqlal

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa itu ghirosul jannah (tanaman surga)?”

Ia menjawab, “Laa hawla wa laa quwwata illa billah (tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah, pen.),” (HR. Ahmad, 5: 418. Hadits ini secara sanad itu dha’if. Namun kata Syaikh Al-Albani isi atau matan hadits itu shahih karena punya berbagai macam penguat. Lihat Al-Isra’ wa Al-Mi’raj karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, hlm. 107-108). []

Sumber : https://rumaysho.com/

loading...
loading...