islampos
Media islam generasi baru

Inilah Amalan Ringan Berpahala Sedekah

Foto hanya ilustrasi.
0

BERLOMBA-LOMBA dalam kebaikan sangatlah diperbolehkan dalam islam. Sebab, sejatinya seorang muslim yang satu dengan muslim lainnya harus saling meningkatkan kualitas amal perbuatannya.

Tahukah Anda amalan apa yang jika Anda lakukan maka Anda akan menyusul amalan orang lain, dan jika orang lain tidak melakukan maka ia tidak akan pernah menyusul amalan Anda kecuali jika dia pun melakukan hal yang sama seperti apa yang Anda lakukan?Apakah ada amalan yang seperti itu?

Ternyata amalan tersebut ada lho. Amalan ini ringan namun memiliki pahala seperti pahala sedekah. Amalan apakah itu?

Suatu ketika datang serombongan sahabat yang miskin mengahdap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka mengadukan persaingan amal dengan sahabat yang kaya. Bukan karena hasad terhadap dunia, namun karena keinginan untuk mendapatkan pahala yang sama.

Diantara sahabat yang kurang mampu itu adalah Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, beliau mengadukan, “Ya Rasulullah, para pemilik kekayaan memborong pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, namun mereka memiliki kelebihan harta, yang bisa mereka sedekahkan. Sementara kami tidak memiliki harta untuk bersedekah.”
Kita lihat, bagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Wahai Abu Dzar, maukah aku ajarkan kepadamu beberapa dzikir, sehingga engkau bisa menyusul orang yang mendahuluimu dalam amal dan orang di belakangmu tidak akan bisa menyusul, kecuali jika mereka melakukan seperti amal yang kau kerjakan?.”

“Tentu, ya Rasulullah..” jawab Abu Dzar.

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan,”Setiap selesai shalat, baca takbir 33 kali, tahmid 33 kali, dan tasbih 33 kali. Setelah itu, tutup dengan bacaan Laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariika lah, Lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ’ala kulli syai-in qadir. Niscaya dosa-dosanya akan diampuni, meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad 7243, Abu Daud 1504, Ibnu Khuzaimah 748, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bukankah Allah telah menjadikan untuk kalian kesempatan untuk mendapat pahala sedekah? Sesungguhnya setiap tasbih bernilai sedekah, setiap takbir bernilai sedekah, setiap tahmid bernilai sedekah, setiap tahlil bernilai sedekah, amar makruf nahi munkar juga sedekah, dan dalam hubungan badan kalian, bernilai sedekah,”(HR. Muslim 1006).

Itulah amalan-amalan yang mudah namun mampu sangat luar biasa pahalanya. Ternyata mendapatkan phala sedekah itu tidak selalu sulit bukan? Allahu’alam. []

Sumber: konsultasisyariah.com

loading...
loading...