ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Inilah 5 Nasihat Bijak Jokowi untuk Kahiyang dan Bobby

0

Advertisements

MEDAN –Presiden RI Joko Widodo memberikan sejumlah nasihat untuk putrinya Kahiyang Ayu yang telah menikah dengan Bobby Nasution, dalam pesta adat yang diadakan di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).

Jokowi memberikan nasihat ketika sesi ajar poda dalam puncak prosesi adat Mandailing.

Jokowi memulai sesi pemberian nasihat atau ajar poda dengan mengucapkan salam dan terima kasih, baik kepada keluarga Bobby, seluruh raja adat, dan masyarakat Sumatera Utara. Dilanjutkan dengan pemberian nasehat kepada pasangan Kahiyang-Bobby.

Ada lima pesan berbahasa Mandailing yang ia sampaikan. Dikutip dari Tribun, inilah keempat pesan tersebut:

Holong do maroban domu, domu maroban parsaulian. Kasih sayang membawa persatuan, persatuan membawa kebaikan bersama.

Pantun hangoluan, teas hamatean. Untuk hidup bahagia haruslah menjaga sopan santun. Jika tidak menjaga sopan santun, maka malapetaka bisa datang.

Suan tobu di bibir, dohot di ate-ate. Manis bukan hanya di mulut, tetapi juga di hati. Kebaikan yang dikatakan juga kebaikan yang dilakukan sepenuh hati.

Tangi di siluluton, inte di siriaon. Jika ada kemalangan, walaupun tidak diundang, kita wajib berupaya untuk datang dan menolong. Namun demikian, jika ada kegembiraan, kita hanya wajib datang kalau diundang.

Bahat disabur sabi, anso adong salongon. Kalau kita banyak menanam, maka kita akan banyak memetik hasilnya. Artinya, banyak-banyaklah berbuat kebaikan, agar ananda memetik kebahagiaan. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline