ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Visi Misi yang Disampaikan Anies di Rapat Paripurna DPRD Jakarta

0

Advertisements

JAKARTA –Dalam pidato visi misi yang disampaikannya pada rapat paripurna DPRD Jakarta kemarin (15/11/2017), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal ada ketimpangan ekonomi dan sosial di Jakarta, termasuk tentang reklamasi teluk Jakarta yang menurutnya tidak berpihak kepada warga. Ketimpangan ini juga terjadi di bidang pendidikan.

“Di Ibukota kemiskinan ekstrem berdampingan dengan gemerlapnya kemegahan Ibukota. Keterdidikan yang amat tinggi berdampingan dengan tingkat putus sekolah yang tak kalah tinggi. Tingginya gedung menjulang berdampingan dengan reyotnya gubuk rakyat. Luasnya hamparan pulau reklamasi berdampingan dengan sempitnya rumah para nelayan. Itu hanya sekelumit ketimpangan di kota ini. Mari bersama-sama mengubah kenyataan ini,” kata Anies seperti dikutip dari Pos kota.

Oeleh karena itu, bersama Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies mencetuskan visi misi untuk membangun Jakarta lima tahun ke depan. Anies menyebut visi tersebut sejalan dengan visi-misi saat kampanye yaitu menciptakan Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua.

“Filosofi dari pernyataan visi ini adalah keberadaban, keadilan dan kesejahteraan. Keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua warga Jakarta menjadi fondasi penting dalam pembangunan. Tidak hanya pembangunan fisik seperti infrastruktur, namun juga pembangunan manusia yang mencakup segala upaya perubahan positif untuk memperbaiki kualitas pendidikan, kesehatan, rasa aman, kesejahteraan, dan kebahagiaan semua warga,” terang Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan misi yakni menjadikan Jakarta kota yang aman, sehat, cerdas, berbudaya, dengan memperkuat nilai-nilai keluarga dan memberikan ruang kreativitas melalui kepemimpinan yang melibatkan, menggerakkan dan memanusiakan.
Sedangkan misinya adalah menjadikan Jakarta kota yang memajukan kesejahteraan umum melalui terciptanya lapangan kerja, kestabilan dan keterjangkauan kebutuhan pokok, meningkatnya keadilan sosial, percepatan pembangunan infrastruktur, kemudahan investasi dan berbisnis, serta perbaikan pengelolaan tata ruang.

“Misi ketiga menjadikan Jakarta tempat wahana aparatur negara yang berkarya, mengabdi, melayani, serta menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga, secara efektif, meritokratis dan berintegritas. Keempat menjadikan Jakarta kota yang lestari, dengan pembangunan dan tata kehidupan yang memperkuat daya dukung lingkungan dan sosial. Dan kelima menjadikan Jakarta ibukota yang dinamis sebagai simpul kemajuan Indonesia yang bercirikan keadilan, kebangsaan dan kebhinekaan,” ujar Anies.

Menurutnya Anies Jakarta merupakan kota modern yang terbuka, sehingga ia akan merangkul semua golongan warga di Jakarta untuk turut serta membangun Jakarta dengan konsep kerjasama.

“Ibukota menjadi milik semua, termasuk dalam pengelolaannya. Semangat permusyawaratan dan perwakilan harus dihidupkan kembali untuk bergotong royong membangun kota,” tegasnya.[]

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline