islampos
Media islam generasi baru

Ini Tujuan Kenapa MUI Ingin Punya Fraksi Sendiri di DPR    

Foto:Mui.or.id
0

 

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menginisiasi usulan adanya fraksi khusus MUI di DPR RI. Sebab MUI menilai selama ini anggota DPR belum membuat produk undang-undang yang sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“DPR kan tugasnya membuat UU kan ya, nah kenyataannya hari ini banyak UU yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 sehingga masyarakat resah,” ungkap Sekjen MUI Anwar Abbas  Kamis (27/4/2017) seperti dikutip dari Detik

“Ini pertanda bahwa anggota DPR tidak cermat dalam membuat UU, buktinya dibatalkan oleh MK karena tidak sesuai Pancasila dan UUD 1945.

MUI melihat bahwa Pancasila dan UUD 45 sudah sesuai dengan ajaran Islam, pertanyaannya apa tugas MUI? Memperjuangkan itu supaya tegak dan dilaksanakan dengan baik,” terang dia.

“MUI memiliki tanggung jawab moral. Kalau seandainya sudah sesuai, maka yang mendapat manfaat tidak hanya umat Islam tapi semua warga bangsa maka tidak peduli agamanya apa,” tambah Anwar.

MUI percaya kehadirannya di parlemen akan membuat UU yang dihasilkan negara menjadi lebih berkualitas. Anwar menyebut, isi dari Fraksi MUI tidak harus yang bergama Islam, asalkan memiliki semangat dan tujuan yang sama.

Anwar mengatakan, filosofi Islam adalah Rahmatan Lil Alamin yang apabila diikuti akan menciptakan kemaslahatan bagi semua orang.

 

Itulah yang menjadi landasan MUI untuk menempatkan ‘perwakilan’ nya di parlemen. Dia menyebut di DPR sebenarnya sudah ada yang berusaha berjuang sesuai dengan harapan MUI, namun masih kalah jumlah.

MUI menegaskan, kehadirannya di DPR bukan untuk membuat UU Syariah. Sebab menurut Anwar, MUI sudah sepakat bahwa Pancasila dan UUD 1945 sudah sesuai dengan ajaran Islam dan perlu diperjuangkan.

Anwar juga membantah kehadiran MUI di DPR untuk melegalkan ormas keagamaan terjun ke dunia politik dalam konteks sebagai institusi. Dia juga tak mau Fraksi MUI disamakan dengan Fraksi ABRI yang ada di era orde baru dulu.

“Itu bukan politik, MUI memperjuangkan nilai-nilai. Anggota DPR harus jelas dalam memperjuangkan, nanti kita perluas jadi fraksi agama-agama Indonesia di DPR yang memperjuangkan Pancasila dan UUD ’45,” sebut Anwar.

Untuk anggota-anggota Fraksi MUI di DPR, Anwar menyatakan bisa saja datang dari elemen manapun, termasuk anggota partai politik. Asalkan mereka memiliki kesamaan tujuan untuk memperjuangkan Pancasila dan UUD 1945.

“Jadi isi anggota fraksinya yang sejalan dengan visi dan tujuan MUI. Jadi lintas partai,” pungkasnya.[]

loading...
loading...