ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Tips Sehat Konsumsi Daging di Hari Raya

Foto: Mami Catering
0

IDUL Adha merupakan Hari raya besar bagi umat islam yang di rayakan sekali dalam setahun. Dalam rangka menyambut idul adha ini biasanya seseorang akan menyiapkan hewan kurban yaitu berupa sapi dan kambing bagi yang mampu untuk di bagikan dagingnya kepada orang lain.

Hampir semua orang pasti mendapatkan pembagian daging tersebut, namun masalahnya bagaimana jika tubuh anda sensitif bila mengkonsumsi makanan yang berasal dari daging dan menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada kesehatan anda.

Inilah 9 Tips Agar Tetap Sehat Saat Idul Adha Walupun mengkonsumsi Daging Qurban:

1. Makan dalam porsi kecil

Usahakan jangan mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang besar karena hal ini aka mengakibatkan perut anda menjadi nyeri karena esophageal sphincter akan terasa penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

2. Hindari konsumsi makanan daging sebelum tidur
Mengkonsumsi makanan yang terbuat daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan anda karena bisa mengakibatkan makanan ini akan tedorong lagi ke esophageal sphincter. Selain itu kualitas tidur anda pun akan terganggu, usahakan tidak mengkonsumsi makanan ini 2-3 jam sebelum anda tidur.

3. Diet kaya serat
Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan anda dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan menyebabkan susah BAB karena pencernaanya tidak lancar. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai.

4. Perbanyak minum air putih
Air putih ini juga berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkn buang air besar. Selain itu masih banyak manfaat lainya jika tubuh cukup cairan.

5. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Pedas
Makanan pedas memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika di konsumsi secara berlebihan akan membuat perut anda menjadi mulas dan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

6. Kombinasikan masakan daging kambing dengan sayur agar seimbang
Usahakan membuat variasi menu makanan saat idul adha misalnya buatlah menu makanan yang seimbang seperti menyisipkan beberapa sayuran seperti tomat, bawang merah atau bawang bombai pada masakan yang berlemak karena hal ini dapat berfungsi untuk mengurangi lemak pada makanan tersebut.

7. Pisahkah bagian lemak dari daging kambing sebelum memasaknya
Ketika hendak mengkonsumsi daging hewan qurban pisahkanlah bagian yang berlemak dari daging tersebut saat membersihkanya. Selain itu ketika mengkonsumsi daging usahakan mengurangi makanan manis seperti sirup dan kue.

8. Daging kambing yang dipanggang lebih menyehatkan daripada digoreng
Daging kambing yang di bakar lebih baik dari pada yang di goreng, karena lemak pada daging akan berkurang saat proses pembakaran terjadi, akan lebih baik jika menambahkan bumbu rempah-rempah sebelum dibakar.

9. Pilih minuman hangat dan sehat saat mengkonsumsi daging kambing
Misalnya minum air putih hangat atau air jeruk hangat dengan sedikit gula yang dapat membantu membersihkan tenggorokan. Hindari minuman manis seperti kopi, teh dan sirup. []

loading...
loading...