ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Surat yang Dibaca Rasulullah saat Shalat Sunnah Qabliyah Shubuh

Foto: M Ardiansyah/Islampos
0

MELAKSANAKAN shalat wajib saja, tentu akan terasa tidak lengkap. Kita perlu melaksanakan ibadah-ibadah sunnah. Kenapa? Ini karena kita tak pernah tahu apakah shalat wajib yang kita laksanakan itu diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala ataukah tidak.

Oleh sebab itu, lengkapilah shalat wajib dengan melaksanakan shalah sunnah. Ada berbagai macam shalat sunnah yang bisa kerjakan. Salah satunya shalat sunnah qabliyah shubuh. Kapankah itu?

Shalat sunnah qabliyah shubuh dilaksanakan sebelum melaksanakan shalat shubuh. Ya, sebelum shalat shubuh, kita laksanakan shalat dua rakaat terlebih dahulu. Tata cara pelaksanannya sama saja seperti shalat biasa. Hanya saja, niatnya yang berbeda.

Dalam melaksanakannya pun, ada dua surat khusus yang dibaca oleh Rasulullah ﷺ. Apa sajakah itu?

Dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu, “Bahwasanya Rasulullah ﷺ pada shalat sunnah sebelum shubuh membaca surat Al-Kaafirun dan surat Al-Ikhlas,” (HR. Muslim no. 726).

Dan dari Sa’id bin Yasar, bahwasannya Ibnu Abbas mengkhabarkan kepadanya, “Sesungguhnya Rasulullah ﷺ pada shalat sunnah sebelum shubuh di rakaat pertamanya membaca, (قولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا) (QS. Al-Baqarah: 136), dan di rakaat keduanya membaca, (آمنا بالله واشهد بأنا مسلمون) (QS. Ali Imron: 52),” (HR. Muslim no. 727). []

Sumber: muslim.

loading...
loading...