islampos
Media islam generasi baru

Ini Siksaan bagi Mereka yang Lupakan Al-Quran

Sisa-sisa pembakaran di Rakhine, Myanmar. Foto: Global Risk Insights
0

DEWASA ini kita bisa melihat banyak halaqah-halaqah Al-Quran di mana-mana. Di zaman yang serba mudah ini pula kita bisa dengan mudah menghafalkan Al-Quran. Tapi banyak di antara kita yang mudah untuk menghafal Al-Quran dan mudah pula melupakannya. Padahal, Tahukah Anda jika Allah menyiapkan siksaan bagi mereka yang melupakan Al-Quran yang telah dihafalnya.

Dari Sa’id bin Ubadah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang laki-laki yang membaca (menghafal) Al-Quran lalu melupakannya, ia akan menjumpai Allah pada hari ketika ia berpenyakit kusta.”

Ibnu Qutaibah berkata bahwa yang dimaksud berpenyakit kusta itu adalah dalam arti yang sebenarnya.” Ibnul-Arabi berkata bahwa maksudnya adalah isyarat dari hilangnya kebaikan.” Sedangkan sebagian ulama berkata bahwa ia tidak berguna,” (HR.Ahmad).

Dari Anas RA, bahwa Nabi SAW bersabda, “Telah diperlihatkan kepadaku pahala umatku bahkan kotoran yang dikeluarkan oleh seseorang dari masjid, dan diperlihatkan kepadaku dosa-dosa umatku, namun aku tidak melihat dosa yang lebih besar daripada satu surat atau satu ayat yang telah diberikan kepada seseorang kemudian ia melupakannya,” (HR. At Tirmidzi dan An Nasai).

Jika saat ini Allah anugrahi kita kemudahan untuk membaca dan menghafal Al-Quran, itu artinya kita bertanggungjawab penuh atas apa yang Allah takdirkan kepada kita. Termasuk di dalamnya bertanggungjawab untuk istiqamah dalam menghafal dan mengingat ayat-ayat Al-Quran yang sudah kita hafalkan.[]

Sumber: 40 Hari Menuju Kematian/Karya: Syaikh Maulana Muhammad Islam/Penrbit: Nabawi

loading...
loading...