ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Sikap MUI Terkait Putusan MK Kabulkan Pengosongan Kolom Agama pada KTP

0

JAKARTA— Menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan permohonan uji materi terkait aturan pengosongan kolom agama pada KK dan KTP, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat masih akan melakukan pembahasan dengan pengurus lainnya.

“Kita akan bahas bagaimana sikap kita nanti,” ujar Ketua Umum MUI KH Ma”ruf Amin, seperti dikutip dari Republika, Senin (13/11/2017) kemarin.

Menurutnya, putusan MK tersebut memang sudah final dan mengikat, tapi kebijakan baru ini akan menimbulkan polemik di kalangan masyarakat.

“Ya kita faham ya bahwa putusan MK itu final dan mengikat, tetapi ketika persoalan agama, persoalan aliran kepercayaan itu kemudian akan dimasukkan ke KTP, itu di kolom mana?,” ucapnya.

Ia melanjutkan,”Akan menjadi rancu saat masyarakat akan menuliskan aliran kepercayaannya pada kolom agama di KTP atau KK.

Karena itu, menurut dia, penulisan aliran kepercayaan di kolom agama tidak lah benar.

“Kalau di kolom agama saya kira tidak benar. Sebab, aliran kepercayaan itu bukan agama gitu loh. Jadi, nggak mungkin dia dimasukkan di kolom agama. Nah, kalau dia punya kolom sendiri terus apakah dia sebuah identitas? Karena KTP itu kan identitas,” pungkasnya.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...