ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Rahasia Hafalan Dr Zakir Naik

Foto: The Star Online
0 475

DALAM setiap kuliah umum Dr Zakir Naik, selalu ada sesi tanya jawab yang biasanya diberikan kepada peserta non-Muslim.

Di sebuah sesi Tanya jawab, seorang perempuan berinisial WN heran dengan kemampuan Dr Zakir Naik yang mampu menghafal dengan baik.

Perempuan itu kemudian bertanya bagaimana cara Dr Zakir Naik menghafal, hingga hafalannya—baik Al Quran maupun kitab agama lain—sangat luar biasa.

“Apakah ada disebutkan hafalan yang lebih baik?” tanya perempuan itu.

“Saudari ini bertanya bahwa hafalanku sangat fenomenal, dan ini adalah pemberian Allah Subhanahu wa Ta’ala,” jawab Zakir Naik.

Apakah ada ayat Al Qur’an yang membicarakan tentang hafalan?

Selama ini orang-orang banyak bertanya padaku, apakah rahasianya? Apakah engkau memiliki chip komputer? Apa rahasianya?

“Rahasianya ada di dalam Al Quran,” tegas ulama dunia itu, sambil mengangkat mushaf Al Quran.

Dalam pelatihan program dakwah yang diajarkan pada murid-muridku, ada tiga hal yang harus diperhatikan.

Yang pertama, dijelaskan dalam Quran surat Ali Imran ayat 160 bahwasanya “Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang bisa mengalahkanmu. Jika Allah membiarkanmu, maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu selain dari Allah. Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.”

Jadi yang pertama, bertawakal kepada Allah.

Yang kedua, dijelaskan dalam Surat Al Ankabut ayat 69. “Jika kamu berjihad untuk (mencari keridhaan) Allah, Allah akan benar-benar menunjukkan kepadamu jalanNya.”

Jadi yang kedua adalah kerja keras.

Dan yang ketiga, Allah berfirman dalam surat Al Anbiya ayat 7 dan surat An Nahl ayat 43. “Maka bertanyalah kepada ahli ilmu jika kamu tidak mengetahui.”

Yang ketiga bersifat teknis.

Teknik yang kami coba dalam pelatihan program dakwah kami, orang-orang bertanya padaku, “Zakir, apa tekniknya?” Aku katakan ada tiga teknik terpenting dan yang pertama adalah beriman kepada Allah. Nomor satu adalah beriman kepada Allah. Dan semua teknik ilmu Anda yang ada di dunia, kamu tahu berapa banyak muridku yang bergelar MBA dengan teknik menghafal segitiga dan house. Aku tidak mengetahui teknik-teknik seperti teknik segitiga dan segala bentuknya.

Pada awalnya mereka adalah murid yang baik kemudian akhirnya mereka kembali lagi ke bawah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala penolong terbaik melebihi dari bentuk apapun atau teknik segitiga dan apapun bentuknya.

Bagaimana cara mendapat pertolongan Allah? yaitu jika kamu berjuang di jalan-Nya. Kamu berjuang di jalan-Nya niscaya kamu mendapat kesuksesan.

Dalam pelatihan kami, aku mengajarkan murid menghafal surat dan ayat ini, bagaimana ceramah dan mengelola tanya jawab. Dan sebelum aku memulai ceramah, aku selalu membaca doa sebagaimana dalam Surat Thaha ayat 25-28. Yang artinya, ““Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” []

Sumber: Bersama Dakwah.

Comments
Loading...