islampos
Media islam generasi baru

Ini Orang-orang yang Doanya Tidak Dikabulkan oleh Allah SWT

Foto: Aldi/islampos
0

Doa ialah cara untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Melalui doa yang ikhlas dan tulus tentu Allah akan mengabulkan semua harapan dan keinginan hambanya.

Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak didengar dan dikabulkan doanya oleh Allah SWT. Seperti dikutip dari buku Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera karangan M. Khalilurrahman Al Mahfani, orang-orang yang doanya tidak dikabulkan di antaranya adalah:

1. Orang yang menggunakan barang haram

Orang-orang yang menggunakan barang-barang haram untuk keperluan hidupnya akan terhalang doanya. Allah tidak akan mendengar dan mengabulkan doanya.

2. Orang yang ingin doanya segera dikabulkan

Allah Maha Mendengar doa hambaNya. Dengan kebijaksanaanNya, Allah mengetahui yang terbaik buat hambaNya. Apakah akan mengabulkan doanya atau tidak. Jika dikabulkan, akan disegerakan atau ditunda.

Oleh karena itu, sangat tidak patut bila seorang hamba meminta agar doanya disegerakan. Seakan-akan memaksa Allah untuk memenuhi kehendaknya.

Rasulullah SAW bersabda, “Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu, selama ia tidak minta disegerakan dan berkata; Aku sudah berdoa namun tak kunjung dipenuhi.” (HR Bukhari dari Abu Hurairah).

3. Orang yang tidak yakin ketika berdoa

Seseorang yang berdoa harus yakin bahwa Allah akan mendengar dan mengabulkan doanya. Sebab, Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang tidak yakin ketika berdoa.

“Berdolah kepada Allah dengan keyakinan akan dikabulkan,” kata Rasulullah SAW

Orang yang berdoa kepada Allah harus berprasangka baik kepada Allah, bahwa Allah akan menetapkan yang terbaik baginya. Apa pun hasil yang diperoleh doanya, ia akan terima dengan lapang dada. []

 

Sumber: Merdeka

 

 

loading...
loading...