islampos
Media islam generasi baru

Ini Nih Doa Sebelum Salam

Foto: Abu Umar/islampos
0

SHALAT merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dan ternyata, kewajiban ini memberikan keberkahan bagi kita. Di mana di dalam shalat terdapat doa-doa yang begitu indah bagi kita terhadap Allah SWT. Bahkan, jika orang itu sudah merasa nyaman dalam shalat, ia tentu menginginkan doa-doa lain yang bisa menyempurnakan shalat itu.

Sebagaimana sayyidina Abu Bakar As Shiddiq RA pernah minta kepada Rasulullah SAW untuk diajarkan doa sebelum salam (tahiyyat akhir). Apa ya isi doanya itu?

Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah, ‘Allahumma inni zalamtu nafsi dhalman kathiran, wainnahu la yaghfirudzu dzunnuba illa anta, faghfirli maghfirata min ‘indika, warhamni innaka antal ghafurrrahim’,” (Muttafaq Alaih).

Yang memiliki arti, “Ya Allah aku menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosaku kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan pengampunan dari sisi Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Nah, doa ini dibaca di dalam shalat sebelum salam. Doa ini bisa menjadi penyempurna dalam shalat, jika Anda membacanya dengan penuh kekhusuan. Walau memang tanpa doa ini saja sudah sempurna, tapi amalan sunnah ini bisa jadi menambah nilai tersendiri bagi Anda. Wallahu ‘alam. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

loading...
loading...