ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Manfaat yang Dapat Dirasakan Jika Menunaikan Ibadah dengan Benar

0

Advertisements

APAKAH Anda merasa bahwa telah beribadah dengan baik dan benar? Mungkin banyak orang merasa sudah demikian. Tapi, jika hal itu benar sudah dilakukan, apakah pengaruhnya sudah dirasakan?

Ya, ibadah dengan baik dan benar pasti memiliki pengaruh pada diri kita. Apa sajakah itu? Ada lima pengaruh yang dapat kita rasakan jika beribadah dengan baik dan benar.

Pertama, mengokohkan keimanan dalam kehidupan dunia dan akhirat

Allah Azza wa Jalla berfirman, “Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ‘ucapan yang teguh’ dalam kehidupan di dunia dan di akhirat, dan Allah menyesatkan orang-orang yang dzalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki,” (QS. Ibrâhîm/14: 27).

Kedua, merasakan manisnya Iman

Rasulullah ﷺ bersabda, “Akan merasakan kelezatan/ manisnya iman, orang yang ridha dengan Allah Azza wa Jalla sebagai Rabb-Nya dan Islam sebagai agamanya serta Nabi Muhammad sebagai rasulnya.”

Ketiga, penjagaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Rasulullah ﷺ bersabda kepada `Abdullâh bin Abbâs Radhiyallahu Anhu, “Jagalah (batasan-batasan/syariat) Allah Azza wa Jalla maka Dia akan menjagamu, jagalah (batasan-batasan/syariat) Allah Azza wa Jalla, maka kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu.”

Keempat, solusi hidup dari setiap masalah atau problem

Allah Azza wa Jalla berfirman, “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar (dalam semua masalah yang dihadapinya), dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya,” (QS. Ath-Thalâq/65: 2-3).

Kelima, terbebas dari segala kesempitan dan kesulitan hidup

Allah Azza wa Jalla berfirman, “Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta,” (QS. Thâha/20: 124).

Allah Azza wa Jalla juga berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh (ibadah), baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,” (QS. An-Nahl/16: 97).

Itulah pengaruh ibadah bagi kita, jika kita melaksanakannya dengan baik dan benar. Lantas, apakah hal itu sudah kita rasakan? Jika belum, maka perbaiki kembali ibadah kita, agar lebih baik dan benar. Sehingga, manfaat yang baik dari ibadah pun akan kita peroleh. []

Sumber: Daarut Tauhid 

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline