ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Manfaat Tersembunyi 2 Tahun Beri ASI

0

Air susu ibu (ASI) merupakan asupan penting bagi bayi. Para ibu dianjurkan memberikan ASI ekslusif kepada buah hatinya selam 6 bulan. Dalam Islam, pemberian ASI bahkan dianjurkan untuk tetap diteruskan hingga usia 2 tahun.

Allah SWT berfirman dalam Qur’an surat Al Baqarah ayat 233:

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.”

Walaupun tidak dibebankan sebagai kewajiban, ternyata ada manfaat tersembunyi di balik anjuran tersebut. Dilansir dari laman Mother and Baby, inilah rahasia tersembunyi dari pemberian ASI hingga usia 2 tahun bagi bayi:

ASI yang pertama kali keluar banyak mengandung kolostrum. Kolostrum ini mengandung protein, vitamin A yang tinggi serta mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahirannya

Di bulan pertama ASI yang dihasilkan akan lebih banyak. Pemberian ASI pada masa satu bulan pertama akan memperkecil resiko bayi mengalami alergi, diare, hingga infeksi telinga di kemudian hari.

ASI yang diberikan selama 3 bulan penuh dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 27%. Tidak hanya itu, jika dalam keluarga memiliki riwayat penyakit asma, tidak sampai 40% kemungkinan Si Kecil mewarisi asma.

Setelah 6 bulan saluran usus Si kecil akan mulai memproduksi antibodi yang melindunginya dari protein asing atau alergen yang dapat menyebabkan alergi pada anak. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan terbukti memiliki efek perlindungan terhadap banyak penyakit, termasuk kanker.

Bersama makanan pendamping ASI, pada masa 9 bulan ASI dapat meningkatkan intelektualitas Si Kecil dengan nilai IQ 8 angka lebih tinggi dibandingkan dengan bayi tanpa ASI. Pada usia satu tahun, pemberian ASI dapat menghindarkan bayi dari resiko kolesterol tinggi.

Selain itu, Skin-to-skin contact yang selalu dilakukan saat menyusui mampu membuat produksi hormon stres pada Si Kecil berkurang dan sistem kekebalan tubuhnya kian kuat pada usia 18 bulan.

ternyata kandungan manfaat dalam ASI itu mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan si kecil di usia tumbuh kembangnya. Selama masa menyusui hingga 2 tahun, sistem kekebalan tubuh dan kecerdasan bayi akan terus meningkat. Manfaat lain juga bisa dirasakan oleh sang ibu. Menyusui dapat membantu ibu terhindar dari kanker payudara dan osteoporosis.[]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...