ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini loh Keutamaan Mendidik Anak Perempuan

0

Advertisements

SESEORANG yang dikarunia anak perempuan akan mendapatkan keutamaan yang lebih. Karena dapat menjadi penolong untuk orang tuanya diakhirat kelak. Tentunya dengan didikan yang sesuai dengan syariat agama juga yang di ajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA:Muliakanlah Anak Perempuanmu!

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Ada seorang wanita masuk ke tempatku dan bersamanya ada dua anak gadisnya. Wanita itu meminta sesuatu. Tetapi aku tidak menemukan sesuatu apa pun di sisiku selain sebiji kurma saja. Lalu aku memberikan padanya. Kemudian wanita tadi membaginya menjadi dua untuk kedua anaknya itu, sedangkan ia sendir tidak makan sedikit pun dari kurma tersebut. Setelah itu ia berdiri lalu keluar.”

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke tempatku, lalu saya ceritakan hal tadi kepada beliau. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Barangsiapa yang diberi cobaan sesuatu karena anak-anak perempuan seperti itu, lalu ia berbuat baik kepada mereka maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang untuknya dari siksa neraka.” (HR. Bukhari no. 5995 dan Muslim no. 2629)

Dari hadits di atas menunjukkan bahwa orang tua harus mendidik dan berbuat baik pada anak perempuan, karena pahala yang didapat lebih besar.

Juga, dijanjikan dalam hadits bahwa siapa yang mendidik anak perempuannya dengan baik maka ia akan terbentengi dari siksa neraka dan dijanjikan masuk surga. Dalam hadits lainnya, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ (وَضَمَّ أَصَابِعَهُ)

“Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia ….” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya. (HR. Muslim no. 2631). Artinya, begitu dekat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA:Rahasia Memuliakan Anak Perempuan

Lihatlah bagaimana Islam memuliakan anak perempuan dan memberi ganjaran khusus bagi orang tua yang dengan tulus menyayangi anak perempuan mereka. Semoga Allah senantiasa memberikan kita keturunan yang shalih dan shalihah. []

SUMBER: RUMAYSHO

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline