ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Istilah Makanan Mengandung Daging Babi yang Harus Anda Ketahui

Foto: @y0ungmango
0 649

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.” (QS. Al Maa’idah: 3)

DALAM Islam sudah dipahami betul bahwa mengonsumsi daging babi adalah haram. Untuk itu, kita dituntut cermat sebelum memilih menu makanan di beberapa tempat makan. Nah berikut ini adalah beberapa istilah dalam makanan yang mengandung daging babi yang penting untuk Anda ketahui.

Apa saja?

Pork

Istilah yang pertama dan paling banyak ditemui adalah pork, kayak nama menu dari Bago Jakarta, yaitu Crispy Pork Belly Sambal Matah. Dari namanya aja sudah keliatan kan guys kalau menu makanan ini mengandung daging babi.

Swine

Swine adalah sebutan untuk daging babi dari semua jenis babi yang ada. Salah satu restoran yang punya menu Swine adalah H Gourmet & Vibes. Jangan sampai salah pesan, ya!

Bacon

Meskipun bacon juga bisa dipakai untuk daging sapi yang dikeringkan atau diasap, tapi sebagian besar orang menyebut bacon sebagai sebutan daging babi yang diasap atau dikeringkan.

Char Siu

Char siu adalah daging babi yang dimasak merah, atau biasanya juga dipakai untuk menu barbeque. Makanya, kalau nemu menu yang ada istilah char siu-nya, berarti makanan itu mengandung daging babi.

Cu Nyuk

Kalau Cu Nyuk adalah daging babi yang biasanya banyak ditemukan dalam masakan seperti bubur atau siomay. Jangan sampai salah pesan dan salah makan ya!

Yakibuta

Sajian dari daging babi hampir mirip dengan char siu dan biasanya dijadikan topping ramen.

Dwaeji

Dwaeji adalah sebutan daging babi dalam bahasa Korea. Biasanya banyak ditemukan dalam menu bulgogi atau galb.

Tonkotsu

Tonkkotsu adalah sajian dari irisan daging babi yang digoreng pakai tepung panir sampai crispy. Atau biasanya juga ditemukan sebagai topping ramen.

Nasi Goreng Merah

Meskipun namanya tak ada unsur babi sama sekali, tapi Anda harus waspada jika menemukan menu Nasi Goreng Merah yang ada di RM. Karena nasi goreng merah ini mengandung potongan daging babi.

Sebenarnya masih banyak istilah makanan yang mengandung babi seperti lard, B2, rou, nibuta, ham, hog, dan berbagai istilah lainnya yang harus Anda pahami agar tak salah pesan. []

Sumber: https://www.qraved.com/journal/people/berikut-ini-istilah-makanan-mengandung-daging-babi-yang-harus-kamu-ketahui/

Comments
Loading...