islampos
Media islam generasi baru

Ini Hikmah Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Foto: Google
0

Bulan ramadhan telah berakhir kini kita mulai memasuki bulan syawal, nah tahukah anda ada hikmah terkait puasa di bulan syawal ini yang menggenapkan pahala di bulan ramadhan,

Adapun hikmah dari puasa 6 hari di bulan syawal adalah:

1. Mendapat pahala puasa satu tahun penuh

Barangsiapa yang mengerjakannya niscaya dituliskan baginya puasa satu tahun penuh (jika ia berpuasa pada bulan Ramadhan). Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits shahih dari Abu Ayyub Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.” (H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

2. Dilipat gandakan Kebajikan sebanyak 10 kali lipat

Rasulullah telah menjabarkan lewat sabda beliau:“Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas ‘Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”

Dalam sebuah riwayat berbunyi: “Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun.”(H.R An-Nasa’i dan Ibnu Majah )

Sahabat Ummi yang berbahagia, meskipun puasa 6 hari di bulan syawal adalah sunah, namun hikmah yang kita dapatkan akan sangat besar jika kita melaksanakannya, oleh karena itu jangan disia-siakan kesempatan yang masih diberikan Allah, karena tidak ada jaminan kita akan hidup pada bulan ramadhan dan bulan syawal tahun depan.

Para Pembaca Islampos yang dirahmati oleh Allah SWT, mudah-mudahan kita semua mampu menjalani puasa 6 hari di bulan syawal pada tahun ini dan mendapatkan Pahala dan Ridha Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin.[]

 

loading...
loading...