ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Faktor Yang Mendorong Praktik filantropi Islam Meningkat

0

Advertisements

JAKARTA—Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah melakukan riset tentang Praktik filantropi Islam berkeadilan sosial di Indonesia. Direktur STF, Amelia Fauzia Ph.D, mengatakan, dari hasil tersebut menunjukkan potensi perkembangan lebih tinggi menyusul penguatan semangat gerakan filantropi.

“Data-data penelitian sendiri digali di delapan propinsi, yaitu DI Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Timur,” ujarnya kepada Islampos.com di Jakarta, Selasa (27/3).

Ia mengungkapkan, kedelapan provinsi dipilih berdasar pertimbangan keberadaan aktivitas organisasi filantropi Islam, baik yang berbasis pemerintah atau masyarakat, wilayah mayoritas dan minoritas Muslim, serta konteks sosial politik masyarakat dan pemerintah lokal.

“Hasil penelitian mencatat bahwa dalam dua dekade terakhir praktik filantropi Muslim di tanah air terus menunjukkan kecenderungan penguatan,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, kecenderungan ini dapat dilihat dari sejumlah indikator, yakni pertambahan jumlah organisasi baik berbasis masyarakat dan pemerintah, jumlah sumbangan yang dikeluarkan baik dalam bentuk sedekah, zakat, maupun wakaf, dan adanya penyaluran bantuan ke masyarakat sasaran di luar Indonesia. []

Reporter: Rhio

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline