Ini Dia yang Bikin Setan Minggat

0

Oleh : Andi Ardianto, Peminat Pendidikan

BASMALAH merupakan kalimat yang sangat ringkas namun memiliki makna yang sangat dalam. Bahkan setiap perbuatan kita yang diawali dengan basmalah akan membuatnya berpahala meski itu perkara dunia. Kalau mau makan baca basmalah, makan kita jadi ibadah. Kalau mau berpakaian baca basmalah maka itu juga jadi pahala. Pokoknya apapun kegiatan yang diaawalai dengan basmalah maka kegitan itu dapat pahala. Namun, sayangnya kita tak jarang melupakan kalimat pendek yang berpahala ini.

Dengan basmalah itu artinya kita berharap Allah meridhoi apa yang kita lakukan. Kelihatannya si kecil tapi ternyata manfaatnya besar. Ada sebuah hikayat tentang keutamaan baca basmalah. Begini ceritanya. Suatu ketika ada dua setan bertemu. Kedua setan ini berbeda penampilannya. Satunya ganteng, gemuk, rambut rapi, dan pakaiannya bagus. Yang satu kebalikannya, kurus, rambut acak-acakan, bajunya juga jelek, selain itu ia juga bau.

Setan gemuk heran sama setan kurus terus dia nanya, “Bro badanmu ko jelek banget. Tuh lihat udah kurus, ga pernah sisiran, bajumu juga kayak setahun ga ganti, dan lu bau banget. Kenapa bisa gituu bro?”. Dengan sedih setan kurus berkata, “Bagaimana aku tidak gini lha wong manusia yang saya goda aja kalau mau makan baca basmalah, mau minum baca basmalah, mau tidur, sisiran, ganti baju semuanya pakai basmalah. Gimana mungkin aku bisa ikut menikmati seperti yang dia nikmati?

“Hahaha..” Setan gemuk tadi tertawa seolah menghina.

Related Posts
1 of 6

“Kasian banget lo bro. Untung orang yang aku goda tidak kenal gitu-gituan, apa tadi namanya, basmalah? ”

“Kalau dia kalau mau makan yang tinggal makan aja. Ga pernah tuh nyebut nama Allah. sama juga kalau ganti baju, sisiran, tidur, pokoknya semua aktivitasnya ga kenal basmalah-basmalahan. Makanya aku bisa seenaknya menikmati semua yang dia nikmati. ”

“Hahaha..” setan gemuk kembali tertawa merasa puas.

Dari hikayat di atas dapat kita ambil pelajaran berharga nih. Ternyata basmalah itu hebat, bisa mengusir setan yang juga mau ikut menikmati apa yang akan kita nikmati. Oleh karena itu, mari mulai dari sekarang kita biasakan membaca basmalah dalam setiap aktivitas yang kita jalani. Karena bukan hanya dapat pahala tapi juga dapat mengusir setan. Hebat bukan? []

Kirim RENUNGAN Anda lewat imel ke: islampos@gmail.com, paling banyak dua (2) halaman MS Word. 

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline