islampos
Media islam generasi baru

Ini Dia Kepribadian Raja Salman Menurut Menteri Agama

Menteri Agaman RI Lukman Hakim Saifuddin mendampingi Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dalam perjalanan dari Bandara Halim menuju Istana Kepresidenan Bogor. Foto: Kemenag
0

JAKARTA—Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengaku terkesan dengan kepribadian Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Pernyataan tersebut dilontarkan menag selepas menjadi pendamping—Minister in Attendance—Raja Salman.

“Saya ditugaskan oleh negara sebagai minister in attendance, jadi menteri yang memang melekat kepada tamu negara. Tidak semua tamu negara, tapi hanya tamu negara yang khusus saja yang memerlukan minister in attandance, dan termasuk kali ini adalah Raja Salman,” terang Menag.

Selama tiga hari mendampingi sang raja, menag melihat bahwa sosok ‘Penjaga Dua Kota Suci’ berusia 81 tahun itu sangat ramah.

Selain ramah, kata Lukman, Raja Salman merupakan sosok yang kebapakan dan murah senyum. Bahkan, dalam beberapa kesempatan bersama Presiden Joko Widodo, Raja Salman kerap melempar humor-humor segar.

“Yang tentu tidak diketahui oleh banyak kalangan ternyata Raja itu humoris. Jadi Beliau (memiliki sifat) kebapakan dan sangat murah senyum, ramah dan cepat membuat lawan bicaranya akrab dan merasa nyaman,” kata Lukman di Masjid Istiqlal, Jakarta, lansir Dream, Jumat (10/3/2017).

Salah satu bahan lelucon yang terkenang oleh Lukman tentang fotografer. Guyonan itu berdasarkan kondisi Islam di Arab Saudi.

“Meski jumlahnya kecil, beberapa ulama di Saudi Arabia mengharamkan foto dan gambar,” tambah Lukman.

Banyak orang menganggap Raja Salman tak bisa didekati. Namun, kata Lukman, anggapan itu hanya bentuk kesalahan persepsi.

“Biasanya orang yang mempersepsikan Raja itu orang yang untouchable atau orang yang sulit tersentuh, tapi beliau menujukkan sifat itu tadi, yang mengayomi dan kebapakkan dan yang paling mengesankan itu humoris,” tutur Lukman. []

loading...
loading...