Ini Dia, Hal-hal yang Disukai Nabi

0

TAHU tidak kalau Nabi juga punya kesukaan pribadi? Tidak jauh sama kita, kita pun memiliki karakter yang memiliki kesukaan tersendiri. Yang lebih hebatnya lagi kebiasaan yang dilakukan Nabi banyak orang mengikutinya. Yuk, mari simak kesukaan apa aja yang biasa Nabi lakukan.

1.  Nabi menyukai harum-haruman. “Belum pernah aku menciumm minyak anbar dan kasturi yang lebih harum dari Rasulullah SAW,” (HR Bukhori, Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi dari Anas bin Malik).

2. Keringat Nabi SAW .“Tidaklah Nabi SAW berjalan melalui satu jalan saja, kemudian datang seorang mengikuti beliau. Orang mengetahui bahwa beliau sedang berjalan-jalan adalah dari bau keringat beliau,” (HR Ad-Darimi dari Jabir r.a).

3 Nabi menyukai wangi-wangian. ”Aku berikan kepada Nabi SAW wangi-wangian yang paling beliau sukai sehingga saya lihat minyak wangi mengkilap di kepala dan janggut beliau,” (HR Bukhori dari Aisiyah r.a).

4. Nabi SAW meminyaki tubuhnya. “Rasulullah pernah meminyaki tubuhnya dengan nurah. Setelah selesai, beliau bersabda, “Hai kaum Muslimin, pakailah nurah karena nurah semacam minyak untuk meminyaki tubuh dan bersih, dan sesungguhnya dengan minyak itu Allah melenyapkan kotoran-kotoranmu dan bulu-bulumu, ” (HR A hmad dari Aisyah r.a).

5. Nabi SAW bercelak. “Nabi SAW, mempunyai alat celak yang beliau gunakan untuk bercelak tiga kali tiap malam, tiga kali waktu ini dan tiga kali waktu itu (tiga kali pada mata kanan dan tiga kali pada mata kiri,” (HR Ahmad Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abas).

6. Nabi SAW suka mendandani rambut. “Seorang laki-laki mengintai dari celah dinding rumah Nabi SAW sedang beliau menyisir dengan sisir,” (HR Bukhori dari Sahal bin Sahal bin Saad r.a).

Nah itulah beberapa kesukaan yang biasa Nabi lakukan. Anda pun bisa mengikutinya karena itu merupakan sunnah Rasul, siapa yang melakukannya seperti Nabi maka sebagai gantinya kita bisa merasakan manfaat dan pahalanya. []

Sumber: Aqidah (Diniyah Takmiliyah Awaliyah)/ Cetakan 2013

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline