ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Dia Ciri-ciri Pekerjaan yang Bermuatan Ibadah

Foto: Abu Umar/islampos
0

 

KEHIDUPAN kita ini tentunya tidak akan pernah terlepas dari kegiatan kita sehari-hari. Namun sayangnya, banyak hal yang kita lalui dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi hanyalah kesia-siaan belaka. Kegiatan yang kita lakukan selama seharian penuh tidaklah bermuatan ibadah kepada Allah. Padahal hakikatnya seorang manusia terlahir ke muka bumi ini hanyalah untuk beribadah kepada Allah Swt.

Seseorang yang bekerja, bila hanya sekedar bekerja, maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali memang gaji belaka. Bahkan hanya berujung cape dan kurang. Muatan kegiatan seseorang bekerja ini bisa lebih ditingkatkan lagi, bila diniatkan hanya beribadah kepada Allah semata.

Lalu, apa ciri-ciri pekerjaan yang bermuatan ibadah? Salah satunya adalah dalam permulaan kita bekerja, dalam proses kita bekerja, dalam menikmati hasilnya, kita tidak sedikit pun membelakangi Allah;

1. Di awal bekerja pun, kita sudah mulai bermuatan ibadah bila pertama kali kita melangkah ke luar rumah kita membaca basmallah dan berdoa kepada Allah Swt. memintanya terlibat di dalam pekerjaan kita dan menjaga kita dan keluarga yang kita tinggali.

2. Di tengah kesibukkan kerja, kita sempatkan membawa kening kita untuk ruku dan sujud, menegakkan shalat. Di tengah kesibukkan kita bekerja, kita kunci mulut kita untuk tidak berkata-kata yang tidak baik, kita kunci telinga kita untuk tidak mendengar hal-hal yang tidak baik, dan tidak memancing-mancing mulut orang untuk membuka aib orang lain.

3. Di akhir pekerjaan, ketika kita mendapatkan hasil dari pekerjaan kita, kita mengeluarkan sedekah, dan tidak menggunakan rezeki yang tidak pada tempatnya. Apalagi kalau kita sadari, bahwa bukan semata kita yang bekerja, lalu kita berhak atas gaji. Belum tentu. Kita bisa bekerja ats izin Allah, dan mendapatkan hasil pun karena izin Allah, serta menikamati hasil pun atas izin Allah. Tidak satupun kesempatan kita untuk menyingkirkan Allah dari kehidupan kita.

Semoga kita senantiasa termasuk hamba yang tidak pernah lupa akan tugas kita di muka bumi ini, sehingga kita mampu memaksimalkan kehidupan ini dengan beribadah kepadaNya. []

loading...
loading...