ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Dia 5 Peran Suami dalam Keluarga

0

SETIAP dari kita tentunya mempunyai perannya masing-masing. Begitupun dalam sebuah rumah tangga. Suami dan istri mempunyai peran masing-masing yang harus mereka jalankan dengan baik. Adapun berikut ini terdapat 5 peran suami dalam keluarga.

1. Sebagai pemimpin rumah tangga

Suami sebagai seorang pemimpin dalam rumah tangga harus mampu menjaga sikapnya. Jangan sampai bertindak melampaui batas. Jangan pernah merendahkan anggota keluarga yang lain, sebab tanpa keluarga seorang suami tidak akan pernah menjadi pemimpin rumah tangga. Tidak layak jadi seorang pemimpin jika merasa lebih dari orang lain. Sebab pemimpin ada karena yang dipimpin.

2. Pelindung keluarga

Suami sebagai tulang punggung keluarga diibaratkan sebagai nahkoda kapal laut yang harus mampu mengendalikan dan mengelola bahtera rumah tangga dalam mengarungi badai kehidupan.

3. Mencari rezeki yang halal bagi keluarga

Suami tidak hanya dituntut bekerja keras, banting tulang, berkuah keringat mencari nafkah, tetapi seorang suami dituntut untuk mencari rezeki yang halal dan berkah bagi keluarganya.

4. Mendidik keluarga

Untuk mendidik keluarga, seorang suami dituntut untuk memiliki pandangan yang jauh ke depan. Untuk itu, seorang suami harus mempunyai bekal ilmu dan mencontohkan sikap yang baik pada keluargnya.

5. Dapat menggali potensi keluarga

Suami pun harus dapat menggali potensi yang dimiliki oleh masing-masing anggota keluarganya, sebab istri dan anak-anak memiliki potensinya masing-masing. Diharapkan setiap potensi yang dimiliki oleh setiap keluarga menjadi sebuah sinergi yang apik dalam membina rumah tangga. []

Sumber: Keluarga Kaya Hati Kiat Efektif Membentuk Keluarga Sakinah/Karya: Abdullah Gymnastiar/Penerbit: Khas MQ

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...