ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini Dia 5 Masjid Paling Megah di Dunia

0 335

Masjid-masjid megah nan indah telah dibangun di berbagai belahan dunia. Lalu, masjid mana sajakah yang telah dibangun dan menjadi masjid termegah? Berikut lima masjid terbesar dan termegah di dunia versi Islampos.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan pusat berkumpulnya para jamaah haji setiap tahunnya. Di masjid ini terletak Kabah yang merupakan kiblat umat Muslim di seluruh dunia.

Masjidil Haram mulai diperluas pada masa kekhalifahaan Umar Bin Khattab r.a. Lalu dilanjutkan pada masa Usman bin Affan dan terus mengalami perbaikan dan perawatan sampai saat ini.

Masjidil Haram memiliki menara pencakar langit dan 492 tiang yang megah serta kokoh berbahan marmer. Masjid ini adalah masjid terluas, terbesar dan termegah di dunia.

Imam Besar masjid ini adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais seorang imam yang dikenal dalam membaca Al Qur’an dengan artikulasi yang jelas dan suara yang merdu dan Syaikh Shuraim.

Muadzin besar dan paling senior di Masjid Al-Haram adalah Ali Mulla yang suara azannya sangat terkenal di dunia Islam termasuk pada media internasional.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah SAW, setelah Masjid Quba. Masjid yang berada di Madinah ini juga merupakan makam Rasulullah SAW beserta para sahabatnya. Masjid Nabawi adalah salah satu masjid utama umat Muslim setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Al-Aqsha di Yerusalem. Masjid Nabawi menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram.

Masjid ini memiliki 27 kubah dimana salah satu dibawahnya terdapat makam Rasulullah SAW.

3.Masjid Hassan II

Masjid Hassan II berada di Casablanca, Maroko dan mulai dibangun pada tahun 1980. Karena kemegahannya, masjid ini sempat digadang-gadang sebagai masjid terbesar kedua di dunia settelah Masjidil Haram.

Masjid yang didesain oleh arsitek Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygeus ini memiliki menara setinggi 210 meter. Kecanggihan teknologi tinggi telah diaplikasikan di dalam masjid, seperti lantai yang bisa berubah suhunya dan menggunakan teknologi laser yang membuat masjid ini indah pada malam hari. Selain itu, masjid ini dibangun seolah-olah mengapung di atas samudera Atlantik.

Lebih dari 6000 seniman Maroko dipekerjakan pada proyek pembangunan masjid sejak awal pembangunannya. Biaya proyek pembangunan masjid mencapai setengah miliar dolar dan sebagian besar dari dana pembangunan tersebut merupakan sumbangan dari rakyat Maroko sendiri.

4. Masjid Faisal

Masjid terbesar berikutnya adalah Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Pakistan sekaligus menjadi ikon negara ini. Dibangun oleh arsitektur asal Turki Vedat Dalokay.

Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi ini, secara arsitektural, memasukkan gaya Asia Selatan, Arab, dan Turki. Dengan perpaduan ini, bisa dikatakan bahwa Masjid Shah Faisal merupakan salah satu contoh arsitektur Islam modern di dunia.

Di atas masjid, terdapat lampu hias raksasa seberat 75 ton. Selain itu, pada bagian atap masjid, terdapat 1.000 buah lampu gelembung yang penggunaannya didesain secara elektronik.

Masjid ini berbeda dengan masjid biasanya karena tidak memiliki kubah. Masjid ini tampil dengan atap masjid berbentuk lancip dengan garis modern kontemporer bercampur dengan tenda tradisional khas Beduin.

5. Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed atau sering disebut Masjid Biru adalah masjid terbesar di Istanbul Turki yang kini ramai menjadi tujuan wisata. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616. Keindahan masjid ini terletak pada arsitekturnya.

Masjid yang didesain oleh Sedefhar Mehmet Aga ini dikelilingi enam menara yang menjulang tinggi dengan kubah besar yang memiliki 260 jendela sehingga bisa memantulkan cahaya. Di dalam masjid terdapat kaligrafi yang indah. Masjid ini biasa disebut masjid biru karena dulunya masjid ini berwarna biru, namun sekarang sudah tidak lagi.

Sebesar dan semegah apapun sebuah masjid, tetap tak akan ada artinya jika masjid-masjid tersebut hanya dijadikan sebagai hiasan tanpa adanya jamaah sholat yang mengisinya. []

Sumber: wikipedia/wowmenariknya/dari berbagai sumber

Comments
Loading...