islampos
Media islam generasi baru

Ini Dia 4 Kesamaan Kunjungan Raja Salman dan Raja Faisal ke Indonesia

Foto: kumparan
0

SAAT ini Indonesia sedang di kunjungi orang nomer satu arab saudi, yaitu Raja Salman. Tak ayal semua pemberitaan di media saat ini berfokus pada Kunjungan Raja Salman ke Indonesia. 47 tahun silam Raja Arab Saudi, yaitu kakak tiri raja salman melakukan kunjungan ke Indonesia. Kakak tiri Raja Salman adalah Raja Faisal.

Entah di sengaja atau kebetulan, kunjungan raja-raja Arab Saudi tersebut memiliki beberapa kesamaan, pakaian yang mereka kenakan, penyambutan dan lainnya. Berikut ini empat kesamaan kunjungan Raja Salman dan kunjungan Raja Faisal ke Indonesia dikutip dalam Okezone.com:

1. Disambut Presiden di ujung tangga pesawat

Meski berbeda 47 tahun, cara penyambutan yang dilakukan Presiden Soeharto saat menerima kedatangan Raja Faisal di Bandara Internasional Kemayoran dengan cara Presiden Joko Widodo menyambut Raja Salman di Lanud Halim Perdanakusuma sama. Kunjungan raja Arab Saudi tersebut disambut langsung oleh orang nomer satu negeri ini.

Baca Juga:

Kedua tamu agung itu disambut Presiden RI secara langsung di ujung tangga pesawat saat tiba di Indonesia.

2. Ibu negara tidak ikut dalam penyambutan

Tidak ada ibu negara yang dibawa dalam penyambutan Raja-Raja Arab Saudi di Indonesia. Dalam penyambutan Raja Faisal, satu-satunya istri pejabat yang hadir hanyalah istri dari Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Ibu negara, Ny. Tien Soeharto, absen dalam prosesi tersebut.

Sedangkan pada penyambutan Raja Salman di Lanud Halim Perdanakusuma siang ini, sama sekali tidak ada istri pejabat yang diajak serta termasuk Ny. Iriana Joko Widodo.

Ini adalah tradisi dalam setiap kunjungan Raja Arab Saudi, yang juga tidak pernah membawa serta pasangan mereka saat melakukan lawatan.

3. Raja Faisal dan Raja Salman mengenakan maslah cokelat

Saat tiba di Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 10 Juni 1970, Raja Faisal mengenakan maslah, jubah tradisional Arab Saudi, berwarna cokelat. Raja Faisal melengkapi penampilannya dengan surban putih yang dikuatkan dengan iqal, ikat kepala khas pria Arab, berwarna keemasan.

Baca juga: Jauh Berbeda, Inilah Perbandingan Kunjungan Raja Salman dan Raja Faisal ke Indonesia
Raja Salman juga tiba di Indonesia mengenakan maslah cokelat muda, serupa dengan yang dikenakan pendahulunya. Hanya saja Raja Salman mengenakan surban bermotif kotak-kotak merah dan iqal hitam.

4. Sama-Sama tiba di hari Rabu

Kedua kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia diawali pada hari Rabu. Raja Faisal bin Abdulaziz tiba di Bandara Internasional Kemayoran pada Rabu, 10 Juni 1970, sementara Raja Salman bin Abdulaziz tiba pada Rabu, 1 Maret 2017.

Itulah fakta-fakta kesamaan kunjungan Raja Salman dan Raja Faisal ke Indonesia. []

SatuMedia

loading...
loading...