islampos
Media islam generasi baru

Ini 5 Tips Mempersiapkan Diri Berpuasa di Bulan Ramadhan

Foto: Indian Express
0

PUASA selama bulan Ramadhan wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat. Setiap Muslim juga berharap bisa berpuasa sebulan penuh tanpa halangan dan mendapat pahala berlipat di bulan suci ini.

Namun, puasa di bulan Ramadhan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang biasa beraktivitas berat. Apalagi jika puasa dilakukan selama musim panas yang panjang.

Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan diri berpuasa di bulan Ramadhan, seperti dikutip dari Khaleej.

1.Berpuasa sebelum Ramadhan

Cara terbaik untuk mempersiapkan diri berpuasa selama Ramadhan adalah dengan ‘latihan’ berpuasa sebelum Ramadhan. Kita dapat menentukan apakah akan berpuasa sekali atau dua kali dalam sepekan, sesuai kemampuan. Berlatih puasa di bulan Sya’ban sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk membiasakan diri berpuasa selama Ramadhan.

2.Kurangi makan

Apakah Anda sering ngemil saat di tempat kerja? Alangkah lebih baik jika kebiasaan ini mulai dikurangi. Mengurangi ngemil akan membantu Anda berpuasa lebih baik selama bulan Ramadhan. Biasakan mengonsumsi makanan sehat yang biasa Anda konsumsi selama berpuasa. Anda juga bisa belajar beberapa resep makanan sehat untuk bulan suci. Makan secara teratur juga akan membantu meringankan puasa selama berjam-jam.

3.Periksa kesehatan ke dokter

Bagi mereka yang menderita diabetes, tekanan darah atau masalah kesehatan lainnya, sekaranglah saatnya untuk konsultasi dengan dokter. Tanyakan kepada dokter apakah Anda bisa berpuasa atau tidak. Dokter akan membimbing Anda bagaimana agar tetap sehat saat berpuasa. Anda mungkin diminta untuk memulai pengobatan atau rutinitas tertentu selama berpuasa.

4.Mengatur pola tidur

Pola tidur akan berubah total selama bulan Ramadhan. Dan jika Anda termasuk orang yang biasa bekerja malam, Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Cobalah tidur lebih awal dan bangun tepat waktu. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur siang. Kebiasaan tersebut bisa membantu Anda tetap energik selama berpuasa.

5.Berhenti merokok

Bagi perokok, puasa bisa menjadi tantangan yang amat berat. Perokok yang tidak segera ‘taubat’ menjelang bulan Ramadhan akan mengalami gejala seperti iritabilitas, mudah marah, sakit kepala dan mengalami kesulitan untuk berpuasa. Mengurangi rokok atau berhenti sama sekali sebelum Ramadhan bisa membuat puasa jauh lebih mudah. Sebagai Muslim sudah seharusnya menjauhi kebiasaan tak bermanfaat dan menjauhi perbuatan yang bisa menjerumuskan diri ke dalam kerusakan. []

loading...
loading...