ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ini 5 Penghalang Terkabulnya Doa

Foto: Abu Umar/Islampos
0

DOA adalah senjata umat Islam karena merupakan pokok dari ibadah. Dengan berdoa, artinya seorang Muslim sadar bahwa ia tidak akan pernah bisa hidup tanpa kekuasaan Allah SWT.

Namun, dalam kenyataannya, doa seseorang tidak semuanya terwujud, seperti ada penghalang antara dirinya dengan Allah Ta’la. Mengapa demikian? Karena ternyata ada beberapa hal menjadi penyebab terhalangnya doa, berikut di antaranya,

1.Tidak khusyu

“Berdoalah kepada Allah dan kamu yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan tidak khusyu’.” (HR At-Tirmidzi no. 3479 dan Al-Hakim no. 1817).

2.Tergesa-gesa

Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk berbuat dosa atau memutuskan silaturahim, dan selama ia tidak meminta dengan tergesa-gesa (isti’jal).” Ada yang bertanya, “Ya Rasulullah, apa itu isti’jal?” Jawab beliau, “Jika seseorang berkata, ‘Aku sudah berdoa, memohon kepada Allah, tetapi Dia belum mengabulkan doaku’. Lalu ia merasa putus asa dan akhirnya meninggalkan doanya tersebut.” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2735].

3.Tidak bersungguh-sungguh

“Apabila seseorang dari kamu berdoa dan memohon kepada Allah, janganlah ia mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah dosaku jika Engkau kehendaki, sayangilah aku jika Engkau kehendaki, dan berilah rizki jika engkau kehendaki.‘ Akan tetapi, ia harus bersungguh-sungguh dalam berdoa. Sesungguhnya Allah berbuat menurut apa yang Ia kehendaki dan tidak ada yang memaksa-Nya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 7026].

Bagaimanapun, sifat bersungguh-sungguh itu bukan hanya dalam masalah ikhtiar saja. Tapi bersungguh-sungguh juga dalam berdoa sebelum ikhtiar itu dilakukan. Tidak sedikit orang yang ikhitiarnya sungguh-sungguh, tapi lemah dalam berdoa.

4.Makan dan minum dari yang haram

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah Ta’ala adalah Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada para Rasul. Allah Ta’ala berfirman, ‘Hai Rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih.”’ (QS. Al-Mu’minuun : 51). Dan Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu” (QS. Al-Baqarah : 172).

Lalu Nabi SAW menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berkata, ”Ya Rabb..ya Rabb…”, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya dari yang haram, dicukupi dari yang haram, maka bagaimana mungkin dikabulkan doanya?” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 1015).

5.Bermaksiat kepada Allah

Inilah penghalang doa selanjutnya; maksiat kepada Allah sangat banyak contohnya. Diriwayatkan dari Abu Hurairah raa, ia berkata, yang artinya, Rasulullah SAW bersabda,

“Tidaklah seorang pezina itu berzina sedang ia dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang peminum khamr itu meminum khamr sedang ia dalam keadaan Mukmin. Tidaklah seorang pencuri itu mencuri sedang ia dalam keadaan Mukmin. Dan tidaklah seorang perampok itu merampok dengan disaksikan oleh manusia sedang ia dalam keadaan Mukmin’.” (HR Bukhari [2475] dan Muslim [57]). []

Sumber: http://www.mirajnews.com/2017/11/sebab-terhalangnya-doa.html

loading...
loading...