Ini 5 Makanan Penyebab Sembelit

0

SUSAH buang air besar secara teratur tidak bisa dianggap remeh. Gangguan pencernaan ini bisa berujung pada penumpukan racun di dalam tubuh yang berdampak pada timbulnya penyakit dan rasa sakit yang hebat. Banyak penyebab susah buang air besar atau sembelit salah satunya adalah pilihan makanan yang salah.

Mengutip boldsky.com, berikut  beberapa jenis makanan yang akan membuat Anda mengalami gangguan pencernaan berujung sembelit.

  1. Kopi

Kopi adalah penyuntik energi yang baik untuk seseorang menjalani aktivitas harian. Tapi, di balik itu, jika dikonsumsi berlebihan, maka kandungan kafein yang menumpuk akan membuat tubuh jadi dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh akan berdampak pada sembelit.

  1. Daging Merah

Baik daging sapi, kambing atau daging merah lainnya merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, jika konsumsi zat besi berlebih, maka efeknya akan membuat kotoran mengeras dan terjadilah sembelit. Anda disarankan memakan daging merah bersama sayuran dan buah-buahan yang kaya serat.

  1. Nasi Putih

Makanan pokok orang Indonesia ini ternyata minim serat. Jika tubuh kekurangan serat, maka salah satu dampaknya adalah terjadinya sembelit.

  1. Makanan Cepat Saji

Jenis makanan ini umumnya mengandung banyak garam, berlemak tinggi dan minim serat yang membuat sembelit jadi mudah terjadi karena usus tidak menerima nutrisi yang cukup untuk pencernaan normal.

  1. Pisang Mentah

Tak semua orang mengkonsumsi pisang hanya yang sudah matang. Beberapa orang justru suka mengkonsumsi buah ini dalam keadaan mentah. Ketika pisang masih mentah, maka kandungan pati pada buah tersebut sangat tinggi. Kelebihan pati akan membuat Anda mengalami sembelit. []

SUMBER: HALALLLIFESTYLE

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline