islampos
Media islam generasi baru

Ini 5 Makanan ‘Penangkal’ Kolesterol Daging Kurban

Foto: Wikipedia
0

ANEKA menu olahan daging kambing atau sapi biasa disajikan di meja makan selama Idul Adha. Bahkan hingga dalam beberapa hari ke depan. Bagi Anda yang sehat dan tak punya riwayat kolesterol tinggi, menyantap daging dengan berbagai varian memasak akan menjadi berkah tersendiri.

Namun tetap saja perlu mewaspadai efek samping mengonsumsi daging merah secara berlebihan. Dampaknya pada kesehatan antara lain naiknya kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk mengimbangi efek negatif dari daging sapi atau domba, berikut makanan yang bisa menetralkan dampak tersebut.

Saus tomat. Kandungan likopen pada tomat dan hasil prosesnya sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Kacang almond. Almond atau jenis kacang lain juga bisa menjadi penawar efek kolesterol berkat kandungan lemak tak jenuh yang sangat berguna untuk menetralkan kolesterol jahat.

Acar mentimun. Buat acar campuran mentimun, bawang merah, dan wortel karena bisa menjadi penyeimbang kenaikan kolesterol dalam darah. Bawang dan mentimun mengandung methylallyl sulfide dan asam amino belerang yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL).

Teh. Minum teh tawar panas juga baik sebagai penawar konsumsi daging kambing dan kenaikan kolesterol jahat. Apapun jenis teh tidak masalah, karena semua teh mengandung catechin yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

Jus jeruk. Selain menyegarkan, minuman ini juga baik sebagai penawar, selama tidak ditambahkan gula.

Kuncinya adalah tetap untuk tidak berlebihan. Karena segala yang berlebihan adalah tidak baik. []

loading...
loading...