islampos
Media islam generasi baru

Ini 5 Fakta Tersembunyi Ka’bah

Foto: berhaji
0

KA’BAH diyakini sebagai bangunan tertua yang pernah ada di muka bumi. Bahkan, Ka’bah telah ada di bumi jauh sebelum Nabi Adam AS diturunkan ke bumi.

Kini Ka’bah di Masjidil Haram Makkah adalah salah satu tempat suci di dunia milik umat Islam yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Bangunan yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail itu ternyata memiliki beberapa rahasia yang jarang diketahui oleh umat Islam secara luas. Di antaranya:

1. Ukuran Ka’bah telah berubah

Menurut fondasi yang diletakan oleh Nabi Ibrahim, Ka’bah memiliki bentuk seperti huruf D. Ka’bah mendapatkan bentuk kubusnya setelah renovasi yang dilakukan oleh Kaum Quraisy sebelum datangnya Islam. Kaum Quraisy masa itu kekurangan dana untuk membangun Ka’bah yang rusak akibat banjir hingga akhirnya terpaksa membangun bangunan Ka’bah lebih kecil. Kini bekas bangunan Ka’bah kuno diberi nama Hatim dan ditandai dengan dinding kecil.

2. Dahulu warna Kiswah tidak berwarna hitam

Pada masa Nabi Muhammad SAW Kiswah atau kain penutup Ka’bah tidaklah berwana hitam. Pada masa Nabi Muhammad SAW Kiswah diketahui berwarna putih. Barulah pada masa Kekhalifahan Abbasiyah warna Kiswah berubah menjadi hitam dan tetap bertahan hingga sekarang

3. Ka’bah dibersihkan dua kali dalam setahun

Kebersihan dari bangunan suci ini sangat dijaga, setiap bulan Sya’ban dan bulan Dzulqa’dah diadakan sebuah upacara pembersihan yang dipimpin oleh keluarga Al Sheibi yang memegang kunci Ka’bah. Biasanya pada acara pembersihan dihadiri oleh Raja Arab Saudi dan juga Gubernur Mekkah.

4. Dahulu Ka’bah terbuka bagi umum

Saat jumlah jamaah haji masih sedikit, bangunan suci umat Islam ini bisa dimasuki oleh siapapun. Kini karena banyaknya jumlah jamaah haji dan dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan jika pintu Ka’bah dibuka bagi umum, Ka’bah hanya bisa dimasuki oleh tokoh-tokoh Islam saja.

5. Ka’bah sudah beberapa kali dibangun ulang

Kiblat dari umat Islam ini ternyata sudah beberapa kali direnovasi akibat bangunan aslinya rusak karena banjir dan lain sebagainya. Menurut para ahli sejarah Ka’bah sudah dua belas kali direnovasi. Renovasi paling terakhir terjadi pada tahun 1996, pada renovasi terakhir tersebut Ka’bah diperkuat dengan teknologi teknik sipil terbaru demi struktur bangunan yang lebih kuat. []

Sumber: https://halallifestyle.id/education/lima-hal-tentang-ka-bah-yang-jarang-diketahui

loading...
loading...