islampos
Media islam generasi baru

Ini 3 Tuntutan Aksi Bela Rohingya

Foto: Tribun
0

JAKARTA – Diperkirakan 150 ribu massa aksi dari berbagai elemen masyarakat akan mengikuti aksi solidaritas dan penggalangan dana kemanusiaan tersebut.

Direktur Crisis Center for Rohingya (CC4R) PKS Sukamta mengatakan Aksi Bela Rohingya yang diwakili organisasi politik dan masyarakat mengajukan tiga tuntutan kepada semua pihak baik pemerintah, organisasi internasional dan masyarakat dunia.

Pertama, papar Sukamta, segera lakukan upaya keras yang memaksa pemerintah Myanmar menghentikan kekerasan dalam berbagai bentuk kepada warga etnik Rohingya. “Lakukan tekanan yang keras dan segera agar kekerasan terhadap Rohingya segera berhenti,” ujar Sukamta.

Kedua, mengembalikan hak-hak kewarganegaraan etnik Rohingya sebagai warga negara Myanmar dan mengembalikan dari pengungsian ke kampung halaman mereka. “Tindakan pembersihan etnik ini nyata. Harapan warga Rohingya adalah mereka bisa pulang ke tempat tinggal mereka di Myanmar,” kata anggota Komisi I DPR RI ini.

Terakhir, sebut dia, dunia internasional harus menyeret pelaku genosida dan pembersihan etnik terhadap warga Rohingya ke Mahkamah Internasional. “Tindakan pembersihan etnik adalah kejahatan kemanusiaan,” terangnya.

Berikut pernyatan sikap Aksi Bela Rohingya:

Kami warga negara Indonesia yang diwakili oleh organisasi politik dan masyarakat yang berkumpul hari ini menuntut seluruh pihak, baik Pemerintah RI, Organisasi Internasional dan Masyarakat Dunia untuk:

1. Melakukan upaya keras memaksa pemerintah Myanmar menghentikan kekerasan dalam berbagai bentuk kepada warga etnik Rohingya.

2. Mengembalikan hak-hak kewarganegaraan etnik Rohingya sebagai warga negara Myanmar dan mengembalikan dari pengungsian ke kampung halaman mereka.

3. Menyeret pelaku genosida dan pembersihan etnik terhadap warga Rohingya ke Mahkamah Internasional.[]

loading...
loading...