islampos
Media islam generasi baru

Ingin Peroleh Tazkiyah? Tegakkanlah Ini

Foto: Yes Muslim
0

ALLAH SWT menganjurkan kepada kita untuk senantiasa melakukan shalat dengan berjamaah. Yakni, shalat tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan Muslim lainnya dan dipimpin oleh satu imam. Memang, apa yang akan kita peroleh jika menegakkan shalat berjamaah?

Jika kita mampu menegakkan shalat berjamaah, maka kita akan mendapatkan tazkiyah (pernyataan kesucian) dan keutamaan besar dari Allah SWT.

Shalat berjamaah adalah di antara sebab-sebab dzikrullah (mengingat Allah) dan bertasbih (memuji) kepada-Nya di masjid-masjid. Allah memuji mereka yang melakukan hal itu sekaligus menjuluki mereka sebagai rijal (orang-orang gentleman). Mereka adalah orang-orang yang tidak lalai karena bisnis dan perdagangan dari mengingat Allah, mendirikan shalat dan menunaikan zakat.

Allah juga bersaksi terhadap keimanan dan rasa takut mereka kepada-Nya. Selanjutnya, Allah menjelaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang diterima kebaikannya, diampuni segala kesalahan dan dosa mereka, di samping anugerah-anugerah lain yang diberikan Allah kepada mereka selain pahala. [Lihat Tafsir Ibnu Katsir, 3/323; Tafsir Al-Qurthubi, 12/264]

Allah berfirman, “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut namaNya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat, mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendakiNya tanpa batas,” (QS. An-Nur: 36-38). []

Sumber: 40 Manfaat Shalat Berjamaah/Karya: Syaikh Abu Abdillah Musnid al-Qathani/Penerbit: Darul Haq Jakarta

loading...
loading...