islampos
Media islam generasi baru

Inggris: Ketakjelasan Trump Lebih Besar Dibanding Brexit

Foto: the libertarian republic
0

LONDON—Terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) cenderung menciptakan ketidakpastian yang lebih besar bagi Uni Eropa salah satunya Inggris.

Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond menyebutkan, ketidakjelasan Trump sebagai Presiden AS jauh lebih besar daripada keputusan Inggris untuk Brexit dari Uni Eropa.

“Brexit telah memperkenalkan ketidakpastian. Saya pikir perubahan pemerintahan di Amerika Serikat telah memperkenalkan bagian lebih besar dari ketakpastian untuk Uni Eropa,” kata Hammond, dilansir Antara, Jumat (20/1/2017)

Menteri Keuangan yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri itu mengatakan, negara-negara Uni Eropa bervariasi dalam melihat seberapa besar ancaman keamanan dari Rusia.

“Apa pun yang mengubah status quo diselesaikan dari Eropa yang hidup dengan Rusia sebagai tetangga, tapi tinggal di bawah naungan perlindungan keamanan Amerika seperti itu akan berdampak pada dinamika Uni Eropa,” kata Hammond.

Seperti diketahui, Trump yang notabene sebagai presiden AS telah menyatakan kekagumannya pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Tentu hal itu memunculkan kekhawatiran tentang bagaimana negara-negara sekutunya akan berbagi biaya untuk memberikan keamanan melalui aliansi NATO. []

loading...
loading...