ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ingatlah Kematian untuk Melunakkan Hati

0

Advertisements

MENGINGAT mati bisa mendorong seseorang untuk menghindari berbagai kedurhakaan dan hatinya yang keras pun bisa menjadi lunak. Tidaklah seseorang mengingat mati tatkala dia dalam kehidupan yang sempit melainkan akan membuatnya menjadi lapang, dan tidak mengingat kematian tatkala hidupnya lapang melainkan justru membuatnya menjadi sempit.

Di antara cara yang paling menonjol untuk mengingatkan kematian adalah ziarah kubur. Maka Nabi SAW menganjurkannya, dengan berkata,

“Dulu aku melarangmu menziarahi kubur, ketahuilah, sekarang ziarahilah kubur karena hal itu bisa melunakkan hati, membuat mata menangis, mengingatkan hari akhir, dan janganlah kamu mengucapkan kata-kata yang kotor.” (HR. Al-Hakim)

Related Posts

Bahkan orang Muslim boleh menziarahi kuburan orang-orang kafir, agar ia bisa mengambil pelajaran darinya. Ziarah kubur merupakan sarana yang paling nyata untuk melunakkan hati.

Orang yang melakukannya bisa mengambil manfaat secara langsung untuk mengingat kematian, dan orang yang sudah mati pun bisa mengambil manfaat dari do’a bagi mereka. []

 

Referensi: Obat Lemahnya Iman/Karya: Muhammad Sholih Al-Munajid/Penerbit: Darul Falah

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline