ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Indonesia Tolak Akui Kemerdekaan Catalonia

0

JAKARTA—Pemerintah Indonesia tidak akan mengakui deklarasi sepihak kemerdekaan Catalonia dari Spanyol. Sikap pemerintah ini disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Sabtu (28/10/2017).

“Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia,” kata Kemlu di Twitter melalui akun @Portal_Kemlu_RI.

“Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia,” lanjut pernyataan Kemlu.

Sebagaimana diketahui, parlemen Catalonia mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol, pada hari Jumat. Deklarasi itu membuat pemerintah Spanyol memecat pemimpin daerah Catalonia dan membubarkan parlemen di wilayah tersebut.

Dalam deklarasi yang disahkan oleh parlemen wilayah Barcelona ini, dinyatakan bahwa Catalonia merupakan negara demokratis yang independen dan berdaulat. Deklarasi tersebut juga meminta negara dan institusi lain untuk mengakuinya.

Parlemen di Barcelona itu ingin membuka pembicaraan dengan Pemerintah Spanyol di Madrid untuk berkolaborasi dalam mendirikan republik baru itu.

“Tidak akan mudah, itu tidak akan bebas, itu tidak akan berubah dalam sehari. Tapi tidak ada alternatif untuk proses menuju Republik Catalan,” ujar anggota dewan Marta Rovira dari Junts pel Si aliansi pro-kemerdekaan dalam sebuah debat, dikutip dari Reuters.

Setelah debat, anggota parlemen dari tiga partai nasional utama—Partai Rakyat, Sosialis dan Ciudadanos—memilih untuk hengkang.

Pemimpin atau Presiden Catalonia, Carles Puigdemont, merupakan salah satu pejabat yang dipecat pemerintah Spanyol setelah deklarasi kemerdekaan. []

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...