ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Indonesia Kecam Tindakan AS Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

0

Advertisements

WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (6/12/2017) lalu, secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Saat berpidato di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih, Trump menyatakan bahwa “Hari ini, akhirnya kita (Amerika-red) mengakui hal yang jelas: bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan realitas. Ini juga hal yang tepat untuk dilakukan. Ini hal yang harus dilakukan”, seperti dilansir New York Times.

Keputusan Trump tersebut “bertentangan” dengan kebijakan luar negeri AS sebelumnya, yang telah berjalan selama tujuh dekade.

“Akan menjadi kebodohan, mengasumsikan mengulang formula yang sama persis sekarang ini akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda atau lebih baik,” lanjutnya

Related Posts
1 of 76

Pernyataan Trump tersebut kontan dikecam keras dunia, tak terkecuali oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, dan meminta Amerika Serikat mempertimbangkan kembali keputusan tersebut,” ujar Jokowi di Istana Bogor, Kamis (7/12/2017).

Presiden AS Donald Trump yang meluncurkan keputusan mengejutkan tersebut diangap melanggar berbagai kesepakatan damai yang telah lama dijaga.

“Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai Resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang Amerika Serikat menjadi anggota tetapnya.Ini bisa mengguncang stabilitas keamanan dunia,” lanjut Jokowi. []

Redaktur: Jejeh Nurazizah

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline