Imbas Harga Mahal Warga Cimahi Serbu Telur Pecah, Penjualan Menurun Drastis

0

CIMAHI—Akibat kenaikan harga telur ayam di pasaran, banyak warga Kota Cimahi memburu atau beralih pada telur pecah. Sebelumnya telur pecah ini hanya dicari oleh para pengusaha warung makan saja, seperti nasi kuning dan nasi padang, namun kini justru warga juga banyak yang mencari.

Fariz Supriadi (39), salah seorang pedagang telur menuturkan setelah adanya kenaikan harga telur ayam telur pecah banyak dicari oleh warga. Padahal biasanya hanya diminati oleh pengusaha rumah makan saja.

BACA JUGA: Prabowo: Harga Telur Tertinggi Selama Sejarah RI, Kenapa?

“Ini udah habis dari pagi tadi, biasanya dibeli sama warung-warung makan, sekarang ibu-ibu rumah tangga juga sudah banyak yang nyari,” kata Fariz ditemui di Pasar Atas Baru kota Cimahi, Rabu, (18/7/2018).

Menurut Fariz warga banyak yang memburu telur pecah akibat mahalnya telur ayam hingga mencapai 28 ribu per kilonya, padahal sebelumnya di Pasar Atas Baru ini sendiri Rp 23.000 perkilonya. Telur pecah ini sendiri dijual dengan harga Rp 1.250 perbutirnya sehingga banyak warga yang mengincarnya.

“Sekarang kan kalau telur yang masih utuhnya mahal jadi banyak warga yang nyari telor pecah,” tutur Fariz.

Akibat kenaikan telur ayam juga berdampak pada daya beli masyarakat,Ajo Ramdani (40) pedang telor lainnya mengaku mengalami penurunan penjulan akibat kenaikan harga telur ini, penurunan tersebut mencapai hingga 50 persen. Jika dirinya biasanya bisa menjual 60 kg perhari kini tinggal 30 kg perharinya.

BACA JUGA: Agar Telur Rebus Mudah Dikupas, Ikutilah Caranya!

“Sekarang ini harga telur lagi mahal, jadi penjualan juga menurun, saya biasa menjual 60 kg sekarang tingga 30 kg perharinya,” kata Ajo waktu yang sama.

Hingga rabu siang, aktivitas jual beli telur ayam di Pasar Atas Baru kota Cimahi, Jawa Barat ini tampak terlihat sepi, hanya satu dua orang saja yang datang membeli telur. []

REPORTER: SAIFAL

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline