islampos
Media islam generasi baru

Imam, Wajib Lakukan Ini

Foto: Abu Umar/Islampos
0

 

SHALAT berjamaah sangat dianjurkan bagi kita. Apalagi di bulan Ramadhan, kesempatan ini jangan sampai kita lewatkan. Salah satu waktu yang selalu melakukan shalat berjamaah hanya ada di bulan ini, yakni dalam melaksanakan shalat tarawih. Inilah waktu yang paling merekatkan kebersamaan kita, sebagai umat Islam melalui shalat berjamaah.

Bulan Ramadhan, memang bulan penuh berkah. Hampir setiap muslim melakukan shalat berjamaah. Tetapi, ada satu kendala yang mungkin banyak terjadi di berbagai tempat. Yakni dalam pelaksanakan shalat berjamaah, terkadang ada imam yang dikeluhkan oleh makmum. Mengapa?

Salah satu alasannya seorang imam itu tidak melaksanakan kewajibannya. Apa itu? Seorang imam disunnahkan memperpendek shalat. Tetapi, jika ia berharap agar makmum tidak tertinggal shalat berjamaah, maka di rakaat pertama boleh ia memperpanjangnya, karena Rasulullah ﷺ pernah memanjangkannya.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika salah seorang dari kalian shalat dengan manusia hendaklah ia meringankan (memperpendek) shalatnya, karena pada mereka terdapat orang lemah, orang sakit dan orang tua. Jika ia shalat untuk dirinya sendiri, silahkan ia memanjangkan semaunya,” (Muttafaq alaih).

Ya, inilah yang banyak terjadi. Banyak yang mengeluh imam terlalu lama dalam bacaaan shalat. Maka, seorang imam harus melihat dan mengerti kondisi dari jamaahnya, agar ia mampu menyesuaikan. Sehingga, makmum tidak mengeluh dalam pelaksanaan ibadah yang mengandung pahala berlipat ganda ini. Wallahu ‘alam. []

Referensi: Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim/Karya: Abu Bakr Jabir Al-Jazairi/Penerbit: Darul Falah

loading...
loading...