ILO: Secara Global, Pengangguran Terus Meningkat

0 133

SWISS—Angka pengangguran di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat pada tahun 2017. Ini akibat ketidakpastian politik, lemahnya perekonomian dan kurangnya investasi. Keterangan ini disampaikan seorang pejabat Organisasi Buruh Internasional (ILO), Kamis (12/1/2017).

Menurut laporan Alarabiya pada Jumat (13/1/2017), pengangguran meningkat di negara-negara berkembang, terutama negara yang bergantung pada ekspor komoditas seperti Rusia, Afrika Selatan dan Brazil.

Karena kegagalan untuk menciptakan lapangan kerja, pengangguran global diperkirakan akan meningkat sebesar 3,4 juta orang pada tahun 2017. Sehingga jumlah total pengangguran menjadi 201 juta, kata pejabat ILO dalam laporan Dunia Kerja tahunannya.

“Itu sesuai dengan peningkatan tingkat pengangguran di dunia dari 5,7 persen pada tahun 2016 yang baru saja ditutup menjadi 5,8 persen pada tahun 2017. Buruknya, pengangguran juga cenderung didorong oleh memburuknya kondisi pasar tenaga kerja, khususnya di negara-negara berkembang,” kata Direktur ILO -Jenderal Guy Ryder pada konferensi pers.

“Kami berada pada situasi meskipun kas yang relatif tinggi, perusahaan tampaknya tidak yakin tentang investasi yang mereka anggap kurang menguntungkan,” tambah Ryder. []

loading...
loading...