ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

IHW Dorong Penggunaan Bahan Non Alkohol dalam Proses Pencucian Makanan dan Minuman

0

Advertisements

JAKARTA—Dalam rangka memastikan bahan non halal tidak bercampur dalam proses pencucian mesin, Indonesia Halal Watch (IHW) melakukan edukasi agar bahan yang digunakan memakai bahan halal.

“Bagaimana memberikan edukasi kepada calon tenaga terlatih melakukan pencucian mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi makanan dan minuman yang selama ini menggunakan alkohol karena di anggap dapat membersihkan sampai steril,” ujar Direktur Eksekutif IHW H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H kepada Islampos.com, Senin (29/1).

Ikhsan menambahkan, salah satunya dengan menggunakan bahan pencuci non alcohol atau ethanol, agar tidak terkontaminasi dengan barang-barang halal.

“Misalnya melakukan pencucian kepada alat-alat untuk memproduksi makanan dan minuman, obat-obatan serta kosmetik tidak lagi menggunakan alcohol atau ethanol, tapi menggunakan bahan pencuci lain,” tegasnya.

Related Posts
1 of 4

Menurutnya, disinilah diperlukan satu penelitian, research dan kajian ilmiah bagaimana sekolah dan kampus serta lembaga penelitian dapat menciptakan bahan pencuci pengganti alkohol atau ethanol.

“Hal-hal yang sungguh penting sebagaimana di atas diharapkan juga dapat dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk bersama melakukan edukasi lebih luas dan massive dengan membangun kesadaran masyarakat akan gaya hidup halal (halal life style) sebagaimana yang diharapkan dapat terwujud,” ungkapnya.

Untuk diketahui hal tersebut disampaikan kepada kelompok pengrajin batik (dunia usaha), kelompok tenaga terlatih dan terdidik (siswa SMK), dan komunitas ibu-ibu jamaah pengajian di Cirebon Jawa Tengah Ahad (28/1) lalu. []

Reporter: Rhio

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline