IHEX Sosialisasikan Sertifikat Rumah Sakit Syariah Pertama di Dunia

0

JAKARTA – Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) menyelenggarakan International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) untuk pertama kalinya, di Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-12 April 2018.

“Alhamdulillah pertama di dunia, itulah kalimat rasa syukur bagi umat Islam Bangsa Indonesia dalam mewujudkan rumah sakit bersertifikasi syariah secara menyeluruh dari semua aspek,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat MUKISI Masyhudi, Selasa (10/4/2018).

IHEX mengusung tema Bangkitkan Rumah Sakit Syariah di Nusantara Melalui Konsolidasi Potensi Umat. IHEX menyosialisasikan sertifikasi rumah sakit syariah pertama di dunia.

“Sertifikasi rumah sakit syariah merupakan perwujudan semangat untuk menjadi umat terbaik, khairul ummah,” ujarnya.

Nantinya, umat Islam kini tidak perlu risau karena telah hadir rumah sakit yang disertifikasi syariah oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Dewan Syariah Nasional (DSN).

Menurutnya, rumah sakit yang didasari oleh semangat menegakkan syariah memiliki added value. Artinya rumah sakit tersebut bukan hanya memenuhi standar kualitas dan keselamatan pasien yang dipersyaratkan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Masyhudi menerangkan, di IHEX yang pertama ada beberapa rumah sakit yang telah disertifikasi syariah, di antaranya RS Islam Sultan Agung Semarang, RS Nurhidayah Bantul Yogyakarta, RS Sari Asih Arrahmah Tangerang, RS Sari Asih Ciledug, RS Sari Asih Sangiang, RS Amal Sehat Wonogiri, RSI Yogyakarta PDHI dan RS Muhammadiyah Lamongan.

“Rumah sakit syariah juga memenuhi kriteria secara syariah yang diuraikan menjadi 173 elemen penilaian dalam standar sertifikasi rumah sakit syariah,” jelasnya.

Mashyudi menyampaikan, potensi umat Islam di Indonesia berkembang sangat pesat. Adanya IHEX dan rumah sakit bersertifikasi syariah membuat Indonesia menjadi pusat perhatian dunia. Dunia Islam menanti dan berharap cepat rumah sakit syariah berkembang di negara-negara Muslim lainnya.

Di dalam acara IHEX digelar seminar, workshop, pameran alat kesehatan dan produk halal. Selain itu juga menggelar pertemuan nasional MUKISI, pertemuan tahunan Indonesia Islamic Medical Association (IIMA) dan Forum Kedokteran Islam Indonesia (FOKI). []

SUMBER: REPUBLIKA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline