ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Identik dengan Pembantaian, Erdogan Minta Stadion Olahraga di Turki Hapus Kata ‘Arena’

Foto: AA
0

ANKARA—Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan menginstruksikan kepada menteri olahraga untuk menghapus kata ‘Arena’ dari nama semua stadion di seluruh Turki.

“Saya telah menginstruksikan kepada menteri, dan kami segera menghapus nama ‘arena’ dari stadion. Tidak ada hal seperti itu dalam bahasa kita (Turki-red). Lihatlah artinya,” ujar Erdoğan dalam sebuah pidato di sekolah kejuruan agama Awaji di Istanbul, lansir Hurriyet Daily News.

Erdogan dalam orasinya memberikan isyarat tidak menyukai istilah “arena,” yang dipakai menjadi beberapa nama stadion.

“Saya menentang nama ‘arena.’ Anda tahu apa yang mereka lakukan di arena, bukan? Orang-orang dicabik-cabik di sana oleh binatang.”

Dalam kesempatan yang sama, Erdoğan turut mengecam kritik yang dilemparkan terhadap kebijakan pendidikan partai AKP, terutama berkenaan dengan tudingan bahwa AKP memberikan perhatian ‘khusus’ kepada sekolah-sekolah di Hatip.

“Banyak berita yang menyatakan bahwa siswa dipaksa untuk mendaftar di sekolah menengah Hatip,” lanjut Erdogan.

Komentarnya muncul setelah partai oposisi mengungkapkan kekhawatirannya, soal meningkatnya jumlah siswa yang terdaftar di sekolah menengah Hatip.

Menurut statistik Kementerian Pendidikan untuk tahun 2017, jumlah sekolah menengah atas di Turki adalah 4.185, sedangkan jumlah siswa adalah 1.291.425. Angka tersebut secara signifikan lebih tinggi dari 84.898 siswa yang terdaftar di 500 sekolah di Hatip per tahun 2003. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...